Jumat 31 Dec 2021 04:50 WIB

Infografis Senjata-Senjata Mematikan Iran

Israel berulangkali mengancam akan menyerang Iran.

Foto: national interest sputnik
senjata mematikan Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, Israel tak henti-hentinya mengancam akan menyerang Iran. Ancaman terakhir disampaikan oleh Kepala Angkatan Udara Israel yang baru, Mayor Jenderal Tomer Bar. Ia menyebut, Israel memiliki kemampuan untuk melakukan serangan di situs nuklir Iran sedini mungkin.  Teheran tidak tinggal diam dan baru saja menyelesaikan latihan militer.  Iran juga memiliki senjata mematikan, termasuk rudalnya.

Berikut senjata dan kemampuan mematikan Iran.

1.  Rudal Sejjil

Rudal Sejjil merupakan  penerus dari balistik Shahab, yang didasarkan pada desain Korea Utara. Tidak seperti rudal Shahab, rudal Sejjil-1 berbahan bakar padat, sangat mengurangi waktu peluncuran sekaligus meningkatkan mobilitas. Rudal ini memiliki jangkauan sekitar 2.000 hingga 2.500 kilometer. Pada kisaran ini, Sejjil-1 dapat mengirimkan muatan 750 kg ke Israel dan bahkan sebagian Eropa tenggara. Dipercaya secara luas bahwa ini suatu hari nanti bisa menjadi muatan nuklir.

2. Kapal Selam

Iran memiliki kapal selam yang menjaga Selat Hormuz. Teheran memiliki sejumlah jenis kapal selam yang berbeda, tetapi armada kapal selam kelas Ghadir (Qadir/Khadir) seberat 150 ton yang terus bertambah akan sangat mematikan dalam konflik apa pun.

3. Rudal Balistik Khalij-e Fars

Untuk menjaga wilayah perairan, Tehera dilengkapi rudal balistik anti-kapal (ASBM) Khalij-e Fars. Senjata ini adalah komponen berharga lain dari kemampuan angkatan laut asimetris Iran. Sering disebut “pembunuh kapal induk” Iran, Khalij-e Fars (Teluk Persia) adalah rudal balistik anti-kapal supersonik berbahan bakar padat (ASBM) dengan jangkauan 300 km saat membawa muatan 650 kg. Hal ini didasarkan pada Fateh-110, satu tahap propelan padat, rudal permukaan-ke-permukaan yang pertama kali diuji Iran pada tahun 2002.

4. Tank Karrar

Iran memiliki tank yang disebut Karrar. Tank ini baru ditingkatkan dari tank tempur utama T-72 buatan Soviet. Tank ini menggunakan sistem kamuflase khusus untuk melindunginya dari deteksi radar inframerah termal. Tank memakai sistem komputer canggih untuk menempatkan cangkangnya dengan sempurna pada sasaran, termasuk sistem kontrol tembakan elektro-optik, pengintai laser, dan komputer balistik.

5. The Shahed-149 Gaza

Pesawat tanpa awak Iran ini bisa membawa 13 bom ata misil dengan durasi penerbangan hingga 35 jam dan tinggi 35 ribu kaki.

6. Pasukan Hizbullah

Selain senjata, Iran memiliki dukungan kuat dari Hizbullah. Berkali-kali Hizbullah telah terbukti menjadi senjata perang yang paling serbaguna dan dapat digunakan di gudang senjata Iran.

sumber : National Interest/Sputnik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement