Kamis 30 Dec 2021 23:15 WIB

Persis Solo Juara Liga 2 Indonesia

Persis Solo sebelumnya sukses memastikan meraih tiket promosi Liga 1.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Persis Solo menjuarai Liga 2 Indonesia usai mengalahkan Cilegon FC 2-1 di partai final di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis (30/12) malam WIB.
Foto: Instagram persisofficial
Persis Solo menjuarai Liga 2 Indonesia usai mengalahkan Cilegon FC 2-1 di partai final di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis (30/12) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Persis Solo sukses menjuarai Liga 2 Indonesia usai mengalahkan RANS Cilegon FC di partai final di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Kamis (30/12) malam WIB. Laskar Samber Nyawa, julukan Persis Solo, menang dengan skor tipis 2-1. 

Kedua tim tetap bermain kompetitif meskipun masing-masing sudah memastikan tiket promosi ke Liga 1 musim depan. Persis menunjukkan ambisi merebut gelar juara dengan menduetkan Irfan Bachdim dengan Alberto 'Beto' Goncalves.

Peluang dimiliki Persis di menit ke-17 saat Beto menerima umpan dari Bachdim dari sisi kanan dengan tandukannya. Tapi, peluang emas itu masih mampu ditepis oleh Kartika Ajie.

Masalah dimiliki Rans saat kapten Hamka Hamzah terpaksa ditarik keluar di menit ke-30 setelah tumbang di atas lapangan. Hamka memang dalam kondisi tidak fit karena sebelumnya mengalami cedera robek ligamen.

Persis akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-39 lewat gol Irfan Bachdim dengan memanfaatkan umpan Sandi Sute. Tendangan keras Irfan berhasil menggetarkan gawang Rans Cilegon. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Persis memperlebar keunggulan melalui gol kedua Irfan saat laga baru berlangsung dua menit. Skor sementara 2-0 untuk Persis. 

Rans baru memperkecil ketertinggalan di menit ke-56 melalui penalti yang dieksekusi oleh Alfin Tuasalamony. Skor bertahan 2-1 hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

Torehan Sempurna

Kemenangan atas Cilegon FC malam ini semakin menyempurnakan torehan Persis Solo di pentas Liga 2 musim ini. Persis sebelumnya sukses memastikan meraih tiket promosi Liga 1 usai mengalahkan Dewa United 2-1 pada babak semifinal di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (27/12) malam.

Keberhasilan lolos ke Liga 1 mengakhiri penantian panjang Persis selama 14 tahun berlaga di kompetisi papan atas Tanah Air. Saat itu, Persis yang berada di bawah asuhan Hanafi meraih tiket promosi ke Divisi Utama 2007 sebagai runner up Divisi 1 2006. 

Trofi juara diraih Persebaya setelah memenangkan laga final Divisi 1 2006 dengan skor 2-0 di Stadion Brawijaya, Kediri. Kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia ketika itu masih bernama Divisi Utama.

Persis tidak hanya sukses menjuarai Liga 2 Indonesia sekaligus melenggang ke pentas Liga 1 Indonesia. Kemenangan malam ini juga menjadi revans atas kekalahan sebelumnya. Sebab, kedua tim sebelumnya pernah bertemu dalam babak delapan besar dan RANS Cilegon menaklukkan Persis 4-3. 

Beto, striker andalan Persis Solo, semakin menyempurnakan pencapaian klubnya. Striker berdarah Brazil itu memastikan diri sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan 11 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement