Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Penerima Bantuan dari KUA Biringkanaya Akui Omzet Naik 5 Kali Lipat

Kamis 30 Dec 2021 21:43 WIB

Red: Gita Amanda

Annisa Mu’adah salah satu penerima bantuan dari KUA Biringkanaya, Makassar, tak pernah mengira sebelumnya, usaha yang dirintis sejak tahun 2020, saat ini omzetnya meroket sampai lima kali lipat.

Annisa Mu’adah salah satu penerima bantuan dari KUA Biringkanaya, Makassar, tak pernah mengira sebelumnya, usaha yang dirintis sejak tahun 2020, saat ini omzetnya meroket sampai lima kali lipat.

Foto: Bimas Islam Kemenag
Sebelum menerima bantuan, usaha yang dirintis Annisa terkendala kurangnya modal

REPUBLIKA.CO.ID, BIRINGKANAYA -- Annisa Mu’adah salah satu penerima bantuan dari KUA Biringkanaya, Makassar, tak pernah mengira sebelumnya, usaha yang dirintis sejak tahun 2020, saat ini omzetnya meroket sampai lima kali lipat.

“Dulu sebelum menerima bantuan program KUA Percontohan Ekonomi Umat, omzet hanya Rp 2 juta-3 juta per bulan, sekarang sampai Rp 15 juta,” katanya saat dihubungi, Kamis (23/12) lalu.

Baca Juga

Annisa menceritakan, sebelum menerima bantuan, usahanya terkendala dengan kurangnya modal, perlengkapan penunjang produksi kue seadanya, dan tata kelola keuangan yang berantakan. “Penyebab utamanya adalah tidak menguasai tata kelola keuangan, jadi keuangan usaha dan rumah tangga tidak dipisah,” ujarnya.

Annisa menyatakan, saat ini dirinya telah menguasai tata kelola keuangan dari materi pelatihan yang diberikan lembaga zakat pendamping, dan pendampingan yang dilakukan Penyuluh Agama Islam. Sebagai informasi, program KUA Percontohan Ekonomi Umat yang diinisiasi Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Ditzawa) menggandeng tiga Lembaga Amil Zakat (LAZ) yaitu LAZ IZI, Rumah Zakat, dan LAZ Al-Azhar dalam memberikan pendampingan terhadap penyuluh dan penerima manfaat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA