Kamis 30 Dec 2021 22:45 WIB

Masjid Batu Uban Jamek Masih Kokoh Berdiri

Usia Masjid Batu Uban Jamek sudah mencapai 300 tahun.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Masjid Batu Uban Jamek, Pulau Penang.
Foto: Tangkapan Layar
Masjid Batu Uban Jamek, Pulau Penang.

IHRAM.CO.ID, GEORGE TOWN -- Usia Masjid Batu Uban Jamek sudah mencapai 300 tahun. Masjidyang berlokasi di Kampung Batu Uban, dekat Gelugor ini tidak terlihat kumuh dan terus menarik jamaah untuk menunaikan shalat dan berwisata untuk melihat keunikannya.

Masjid tersebut terletak di dekat laut dan dibangun oleh Haji Mohammed Saleh, atau lebih dikenal dengan Maharaja Nan Intan Tunku Patih Nan Sebatang dari Pagar Ruyong, Sumatera Barat, pada 1734. Pembangunannya dilakukan sekitar 52 tahun sebelum Francis Light menginjakkan kaki di Pulau Penang, yang kemudian dikenal sebagai Pulau Kesatu.

Baca Juga

Ketua Komite Masjid, Syekh Abdul Azizi Sheikh Mohamad, mengatakan salah satu keunikan masjid adalah struktur dan desain aslinya yang dipertahankan. Termasuk di antaranya ruang sholat utama, dengan empat pilarnya yang menggunakan kayu cendana, serta mimbar dan kubah.

“Ada beberapa perubahan yang dilakukan, namun tidak mempengaruhi desain asli masjid, seperti penambahan ruang shalat yang merangkap sebagai tempat makan untuk berbuka puasa atau tempat kegiatan yang diadakan di masjid,” ujarnya dikutip di Bernama, Kamis (30/12).

Menurut Sheikh Abdul Aziz, berlokasi di dekat bibir pantai membuat bangunan tersebut tidak terkecuali dari erosi pantai yang mempengaruhi masjid.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement