Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Coutinho, Dest dan Abde Perpanjang Daftar Positif Covid-19 di Barcelona

Kamis 30 Dec 2021 20:45 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Muhammad Akbar

 Pemain Barcelona Sergino Dest, kiri, melakukan tembakan ke gawang di depan pemain Rayo Fran Garcia pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Rayo Vallecano dan FC Barcelona di stadion Vallecas di Madrid, Spanyol, Kamis (28/10) dini hari WIB.

Pemain Barcelona Sergino Dest, kiri, melakukan tembakan ke gawang di depan pemain Rayo Fran Garcia pada pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Rayo Vallecano dan FC Barcelona di stadion Vallecas di Madrid, Spanyol, Kamis (28/10) dini hari WIB.

Foto: AP/Manu Fernandez
Barca bukan satu-satunya klub yang terkena gelombang baru virus tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALAN -- Sumber daya Barcelona telah terkuras secara dramatis ketika gelandang Philippe Coutinho, bek Sergino Dest dan pemain sayap Ez Abde dinyatakan positif Covid-19. Klub Catalan telah terpukul keras oleh sejumlah kasus virus corona menjelang pertandingan La Liga melawan Real Mallorca, Senin (3/1).

Selain nama-nama tersebut, Ousmane Dembele, Samuel Umtiti dan Gavi juga dinyatakan positif dan tak bisa bermain melawan Mallorca. Awal pekan ini, Clement Lenglet, Dani Alves, Jordi Alba dan Alejandro Balde telah kembali menjalani tes positif.

"Sergino Dest, Coutinho dan Ez Abde telah dinyatakan positif Covid-19. Para pemain dalam keadaan sehat dan mengasingkan diri di rumah. Klub telah melaporkan kasus tersebut ke otoritas terkait," kata Barcelona dikutip dari The National, Kamis (30/12).

Barca bukan satu-satunya klub yang terkena gelombang baru virus tersebut. Real Madrid juga menghadapi wabah, dengan Thibaut Courtois, Federico Valverde, Eduardo Camavinga, Vinicius Jr dinyatakan positif. Luka Modric, Rodrygo, Marco Asensio, Gareth Bale, Marcelo, Andriy Lunin, Isco dan David Alaba telah tertular virus itu awal bulan ini.

Beberapa klub Spanyol lainnya, termasuk Cadiz, Real Sociedad dan Mallorca, telah melaporkan kasus tetapi belum ada pertandingan yang ditunda.

Di bawah protokol Liga, sebuah klub harus memiliki 13 pemain - setidaknya lima anggota tim utama dan satu penjaga gawang - tersedia untuk memainkan pertandingan. Pemain yang divaksinasi dapat kembali segera setelah mereka dites negatif.

Ini menimbulkan pertanyaan tentang pertandingan antara Atletico Madrid dan Rayo Vallecano karena yang terakhir memiliki hingga 17 pemain yang terinfeksi, menurut laporan, sehingga menjadikannya skuad yang paling terpukul di divisi pertama.

Tingkat infeksi 14 hari Spanyol mencapai rekor baru 1.360 kasus per 100.000 orang pada Selasa, naik dari 1.206 kasus pada hari sebelumnya dan menandai peningkatan lima kali lipat sejak awal Desember.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA