Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Lagi, China Jatuhkan Sanksi Terhadap Individu AS Terkait Hong Kong

Kamis 30 Dec 2021 19:33 WIB

Red: Nidia Zuraya

Bendera Cina-Amerika Serikat (AS). Kementerian Luar Negeri China (MFA) kembali menjatuhkan sanksi terhadap lima individu dari Amerika Serikat.

Bendera Cina-Amerika Serikat (AS). Kementerian Luar Negeri China (MFA) kembali menjatuhkan sanksi terhadap lima individu dari Amerika Serikat.

Foto: washingtonote
Ada lima orang warga negara AS yang dijatuhi sanksi oleh Kemenlu China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Kementerian Luar Negeri China (MFA) kembali menjatuhkan sanksi terhadap lima individu dari Amerika Serikat. Namun kali ini sanksi tersebut terkait dengan masalah Hong Kong. 

Dalam pengarahan pers di Beijing, Kamis (30/12), juru bicara MFA Zhao Lijian menyebutkan kelima orang dari AS tersebut, yakni mantan Menteri Perdagangan Wilbur Ross, Ketua Komisi Peninjau Ekonomi dan Keamanan AS-China Carolyn Bartholomew, mantan Staf Direktur Komisi Eksekutif Kongres AS untuk China Jonathan Stivers, pejabat Institut Demokrasi Nasional untuk Urusan Internasional Do Yun Kim, dan manager Institut Republikan Internasional Adam Joseph King. Kelima orang tersebut dilarang memasuki wilayah China daratan, Hong Kong, dan Makau.

Baca Juga

Pada Juli lalu, AS telah menjatuhkan sanksi terhadap tujuh pejabat China, termasuk lima di antaranya deputi direktur Kantor Penghubung China di Hong Kong. Untuk membalas sanksi AS itu, China mengambil tindakan sesuai dengan Undang-Undang Sanksi Anti-Asing terhadap lima individu AS, demikian Zhao.

Ia mendesak AS mengoreksi sanksi yang dijatuhkan kepada China dan berhenti mencampuri urusan Hong Kong."China akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi kepentingan dan martabat bangsa," ujarnya.

Sebelumnya MFA juga telah menjatuhkan sanksi serupa kepada empat pejabat Komisi AS untuk Kebebasan Beragama Internasional (USCIRF), yakni Nadine Maenza selaku ketua, Nury Turkel (wakil ketua), Anurima Bhargava (komisioner), dan James W Carr (komisioner). Sanksi terhadap USCIRF tersebut sebagai tindakan balasan China atas sanksi yang dijatuhkan AS kepada pejabat China dan larangan impor produk-produk dari AS.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA