Kamis 30 Dec 2021 19:19 WIB

 Jauhi Perbuatan Mubazir Dalam Merayakan Tahun Baru

Jauhi perbuatan yang mubazir dan kontraproduktif dalam merayakan tahun baru.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
muhasabah. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
muhasabah. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Sesditjen Bimas) Islam, Muhammad Fuad Nasar, memberikan imbauan menjelang pergantian tahun.

Fuad mengatakan, mengimbau umat meninggalkan tahun 2021 dengan mensyukuri segala nikmat Allah yang telah diterima selama ini. Mengimbau agar menyongsong tahun baru 2022 dengan sikap optimis dan pikiran positif.

Baca Juga

"Jauhi perbuatan yang mubazir dan kontraproduktif dalam merayakan tahun baru," kata Fuad kepada Republika, Kamis (30/12).

Ia mengatakan, berkenaan dengan bencana alam dan bencana non alam seperti pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 dan 2021 yang telah menelan banyak korban, sebagai orang beriman yakinlah bahwa tidak ada yang lebih baik daripada apa yang telah terjadi. Tahun depan jangan lengah dan menganggap enteng bahaya mutasi varian-varian baru virus corona. Mari belajar dari pengalaman.

Fuad juga mengajak umat untuk bersama-sama terus meningkatkan kualitas iman, kualitas ilmu, kualitas ibadah, kualitas kerja serta meningkatkan manfaat yang diberikan kepada sesama di mana pun dan terhadap siapa pun. Setiap kelebihan yang dimiliki dan kedudukan yang lebih tinggi membawa tanggungjawab yang lebih besar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Disitulah keadilan Allah.

"Problem-problem keumatan dan kebangsaan agar disikapi dan diupayakan solusinya dengan jiwa besar, pikiran jernih dan tindakan nyata dalam bingkai semangat persaudaraan dan persatuan," ujarnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement