Kamis 30 Dec 2021 09:47 WIB

Masjid Hyderabad Buka Tempat Penampungan Bagi Lansia Miskin

Lansia miskin akan ditampung di masjid Hyderabad.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Hyderabad Buka Tempat Penampungan Bagi Lansia Miskin. Foto:   Sebuah masjid berusia 400 tahun di Hyderabad, negara bagian Telangana, India terbengkalai. Masjid Kulsumpura dibangun oleh Putri Kulsum Begum, putri dari Sultan Mohammed Qutub Shah.
Foto: Alchetron
Masjid Hyderabad Buka Tempat Penampungan Bagi Lansia Miskin. Foto: Sebuah masjid berusia 400 tahun di Hyderabad, negara bagian Telangana, India terbengkalai. Masjid Kulsumpura dibangun oleh Putri Kulsum Begum, putri dari Sultan Mohammed Qutub Shah.

REPUBLIKA.CO.ID,HYDERABAD -- Untuk pertama kalinya, sebuah masjid di Hyderabad membuka rumah perlindungan bagi orang-orang tua yang miskin dan terlantar. Penyediaan fasilitas ini dilakukan panitia pengelola masjid di daerah Rajendranagar Hyderabad, bersama dengan sebuah LSM bernama Helping Hand Foundation.

Dengan kerja sama yang dilakukan dua pihak ini, mereka mendirikan pusat perawatan yang dilengkapi dengan semua fasilitas perawatan medis yang diperlukan untuk lansia. Penasihat pemerintah negara bagian untuk urusan minoritas, A K Khan, secara resmi meresmikan fasilitas tersebut dan berinteraksi dengan penerima manfaat.

Baca Juga

Pusat perawatan ini memiliki 40 tempat tidur dengan sejumlah fasilitas, seperti ketersediaan dokter sepanjang waktu, perawat, perawatan samping tempat tidur, fisioterapi, ahli gizi, staf pendukung dan ambulans.

Dilansir di Gulf News, Kamis (30/12), Pusat ini juga akan menyediakan layanan psikolog untuk membantu mengatasi stres dan masalah lainnya. 70 persen dari kapasitas akan digunakan untuk kasus geriatri, sementara sisanya orang miskin dan terlantar lainnya.

 

Meskipun banyak masjid di Hyderabad yang telah mulai menyediakan perawatan medis primer dan fasilitas pertolongan pertama, oksigen dan tempat tidur selama krisis Covid-19, namun inisiatif ini adalah pertama kalinya sebuah masjid membuka tempat perlindungan seperti itu.

Kota dengan penduduk lebih dari sepuluh juta jiwa ini hanya memiliki sedikit tempat penampungan yang dikelola oleh LSM. Hal ini memaksa sejumlah besar pria dan wanita tua yang miskin dan terlantar berada di jalan dan ruang terbuka lainnya, hingga menghadapi cuaca yang tidak menentu dan ketidaknyamanan lain.

"Seperti di Barat, perawatan hari tua menjadi masalah besar di India karena harapan hidup meningkat dan keluarga menyusut. Suatu hal yang baik untuk melihat organisasi masyarakat sipil maju dengan penuh semangat untuk memenuhi kebutuhan warga lanjut usia," kata AK Khan.

Sebelumnya, Helping Hand Foundation (HHF) telah membuka pusat perawatan kesehatan primer di masjid lain di Hasan Nagar, daerah kumuh di Hyderabad.

HHF merupakan sebuah organisasi masyarakat sipil, yang telah bekerja di bidang kesehatan masyarakat untuk membuatnya dapat diakses oleh masyarakat miskin dan bagian lain yang membutuhkan.  

Sumber:

https://gulfnews.com/world/asia/india/india-hyderabad-mosque-opens-shelter-for-old-destitutes-equipped-with-medical-facilities-1.84655437

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement