Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Danny Welbeck Buyarkan Kemenangan Chelsea Lawan Brighton

Kamis 30 Dec 2021 06:18 WIB

Red: Endro Yuwanto

Danny Welbeck, striker dari Brighton. Danny Welbeck membuyarkan kemenangan Chelsea melawan Brighton dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (30/12). Kedua tim bermain imbang 1-1.

Danny Welbeck, striker dari Brighton. Danny Welbeck membuyarkan kemenangan Chelsea melawan Brighton dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Kamis (30/12). Kedua tim bermain imbang 1-1.

Foto: AP/Mike Hewitt/Pool Getty
Kendati gagal menang, tambahan satu poin cukup mengangkat Chelsea naik ke posisi dua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Danny Welbeck membuyarkan kemenangan yang sudah di hadapan mata Chelsea saat melawan Brighton & Hove Albion dalam laga pekan ke-20 Liga Primer Inggris yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Stamford Bridge, London, Kamis (30/12). Chelsea lebih dulu memimpin sejak menit ke-28 berkat gol Romelu Lukaku, tetapi Brighton mengorkestrasi kebangkitan dengan penampilan yang mendominasi lebih dari 52 persen penguasaan bola.

Dominasi itu berusaha dikonversi lewat 18 percobaan tembakan yang enam di antaranya menemui sasaran dan berbuah satu poin berkat gol Welbeck pada menit-menit akhir pertandingan.

Baca Juga

Kendati gagal menang, tambahan satu poin cukup untuk mengangkat Chelsea naik ke posisi kedua klasemen dengan raihan 42 poin, menggusur Liverpool dengan 41 poin yang kalah sehari sebelumnya. Sedangkan, Brighton yang berusaha menemukan kembali performa apik sebagaimana di awal musim, hanya bisa naik satu setrip ke urutan ke-10 dengan raihan 24 poin.

Sama-sama cuma beristirahat dua hari setelah Boxing Day, tak membuat kedua tim bermain malas-malasan. Brighton mengancam lebih dulu lewat sepakan Tariq Lamptey yang melenceng, sebaliknya tuan rumah nyaris memimpin bila saja tembakan Cesar Azpilicueta tak membentur tiang gawang.

Chelsea yang perlahan menemukan ritme permainan mampu membuka keunggulan pada menit ke-28 saat Lukaku mampu menanduk umpan sepak pojok kiriman Mason Mount. Penyerang Brighton Neal Maupay jatuh dalam duel udara bersama Lukaku, tetapi VAR memastikan bahwa gol itu tetaplah sah untuk Chelsea.

Gol itu seolah memacu semangat tim tamu dan kiper Edouard Mendy dipaksa melakukan penyelamatan atas tembakan Adam Lallana pada menit ke-38, sedangkan lima menit berselang sepakan Lamptey atas bola liar mendarat di atap gawang.

Babak kedua diawali jibaku Mendy menyelamatkan gawang Chelsea dari eksekusi tendangan bebas Alexis Mac Allister dan tembakan jarak jauh Yves Bissouma. Chelsea berusaha memukul balik Brighton dengan gelombang serangan balik. Sayang, Callum Hudson-Odoi salah mengambil keputusan ketika mengirim umpan tarik ke arah Mount, sebab bola berakhir dihalau oleh Joel Veltman.

Permainan terbuka terus tersaji dan tepat di pengujung waktu normal. Mount berhasil menyarangkan bola ke gawang Brighton yang ditinggalkan kiper lawan. Sayangnya, gol itu dianulir karena Mount dinilai terlebih dulu melanggar Veltman kala berusaha merebut bola.

Penganuliran itu jelas jadi keputusan krusial sebab semenit berselang Welbeck mampu mengatasi pengawalan dua bek Chelsea untuk menanduk umpan silang kiriman Marc Cucurella dan membawa Brighton menyamakan kedudukan 1-1 yang bertahan hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, kedua tim akan membuka tahun 2022 pada Ahad (2/1) saat Chelsea menjamu Liverpool di Stamford Bridge dan Brighton bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton.

Baca juga : Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Indonesia Kebobolan Empat Gol dari Thailand

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA