Kamis 30 Dec 2021 00:11 WIB

Misi City Kuasai Puncak Liga Inggris

City sudah memenangkan sembilan pertandingan terakhir.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola berdiri di pinggir lapangan selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Leicester City di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad, 26 Desember 2021
Foto: AP/Scott Heppell
Pelatih kepala Manchester City Pep Guardiola berdiri di pinggir lapangan selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Leicester City di stadion Etihad di Manchester, Inggris, Ahad, 26 Desember 2021

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER --Manchester City berpeluang untuk kian mengamankan posisi di puncak klasemen Liga Primer Inggris, saat bertandang ke markas Brentford.

Tidak diragukan lagi, the Citizens jadi unggulan dalam laga di Brentford Community Stadium ini. City sudah membukukan 17 gol dalam tiga pertandingan terakhir di Liga Inggris.

Selain itu, City sudah memenangkan sembilan pertandingan terakhir. Tiga poin dari markas the Bees akan membuat City unggul sembilan poin di puncak klasemen dari Chelsea dan Liverpool. Sekarang, skuad asuhan Pep Guardiola itu memiliki selisih enam poin dari dari dua tim pesaing mereka tersebut.

City juga punya bekal bagus dengan lima kemenangan beruntun di kandang Brentford, dengan mencetak paling tidak dua gol dalam setiap kesempatan. Tapi itu semua sudah lebih dari 24 tahun lalu.

Manajer City Pep Guardiola mengatakan, situasi saat ini tidak bisa memprediksi siapa pemain yang siap untuk dimainkan. Dengan adanya kasus Covid-19, kondisi pemain harus dipantau setiap hari.

City masih kehilangan Kyle Walker, John Stones dan Riyad Mahrez. Sementara Kevin de Bruyne masih belum bisa dipastikan apakah bisa diturunkan atau tidak. ''Di saat yang bersamaan kami akan mewaspadai kualitas yang dimiliki Brentford dan setelah itu kami akan mengambil keputusan. Sekarang saya tidak tahu,'' ucap Guardiola, dikutip dari laman resmi Man City.

Guardiola juga memuji Thomas Frank yang dinilai membawa timnya mengawali musim yang sangat baik sebagai tim promosi. Ia bahkan melihat penampilan Brentford melawan Chelsea. Meski kalah, Brentford dinilainya tampil luar biasa.

Bahkan Brentford bisa mengimbangi Liverpool dan mengalahkan Arsenal. ''Mereka adalah tim top. Kami tahu itu dan kami akan mempersiapkan diri melihat bagaimana kualitas pemain kami dan melakukannya,'' kata Guardiola.

Thomas Frank menilai timnya akan bermain melawan tim dengan potensi anggaran terbesar di Inggris dan manajer terhebat di era modern. Menurutnya, City memiliki pemain yang luar biasa dan gaya permainan yang sangat spesifik sehingga sangat sulit untuk untuk dikalahkan oleh tim seperti Brentford. City, lanjut Thomas, sangat pandai menjaga bola dan hampir tidak pernah mengambil risiko.

''Ini akan menjadi sangat sulit. Kabar baiknya adalah kami telah tampil cukup baik melawan dua tim papan atas lainnya di divisi ini, Liverpool dan Chelsea. Saya ingin memainkan mereka dengan kekuatan penuh,'' ujar Thomas, dikutip dari laman resmi Brentford.

Thomas menjelaskan, ketika bermain melawan Liverpool dan Chelsea, Brentford memainkan tim terkuat dan membuktikan diri bisa melakukan sesuatu. Karena itu ia berjanji akan menempatkan pemain yang akan berlari dan berjuang.

Brentford, Thomas menuturkan, akan melakukan semua bisa dilakukan untuk mengubah jalannya pertandingan dan mengambil keuntungan dalam permainan. Ia juga sepenuhnya percaya bisa mendapatkan sesuatu dari pertandingan.

''Kami bermain melawan tim ofensif terbaik di dunia, kekurangan beberapa pemain bertahan terbaik kami, itu sedikit ketidakcocokan. Kami akan menemukan jalan dan menemukan rencana. Kami memiliki pemain lain yang harus turun tangan dan siap tampil,'' tegas Thomas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement