Kamis 30 Dec 2021 05:45 WIB

Ilmuwan Identifikasi Antibodi yang Bisa Netralkan Varian Omicron

Ilmuwan temukan antibodi tertentu yang dapat menargetkan protein Omicron.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ilmuwan temukan antibodi tertentu yang dapat menargetkan protein Omicron (Foto: ilustrasi)
Foto: Pixabay
Ilmuwan temukan antibodi tertentu yang dapat menargetkan protein Omicron (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi terbaru telah mengidentifikasi antibodi yang diklaim bisa menetralkan Omicron dan varian Covid-19 lainnya. Studi yang dilakukan oleh sekelompok peneliti internasional menemukan antibodi tertentu yang dapat menargetkan area protein lonjakan virus yang tidak mengalami perubahan signifikan saat virus bermutasi.

Studi yang dipublikasikan pada 23 Desember di jurnal ilmiah Nature, dipimpin oleh David Veelser dari Howard Hughes Medical Institute dan Davide Corti dari Humabs Biomed, anak perusahaan Vir Biotechnology di Swiss. Veelser mengatakan, dengan mengidentifikasi antibodi penetral secara luas pada protein lonjakan sangatlah mungkin untuk merancang vaksin yang akan efektif terhadap Omicron, atau varian lain yang mungkin muncul.

Baca Juga

“Temuan ini memberitahu kita bahwa dengan fokus pada antibodi yang menargetkan situs yang sangat terkonservasi pada protein lonjakan, ada cara untuk mengatasi evolusi berkelanjutan dari virus,” kata Veelser seperti dilansir dari CTV News, Kamis (30/12).

Varian Omicron dianggap tidak biasa karena sejumlah besar mutasi pada dua area utama protein lonjakan virus. Kepala Petugas Kesehatan Masyarakat Kanada, Dr Theresa Tam, mengatakan satu area mutasi ada di dalam domain pengikatan reseptor lonjakan virus. Di mana virus menempel dan menyerang sel.

Area mutasi lainnya ada di supersite antigenik, karena itu adalah target antibodi pertahanan atau penetralisir tubuh. Sebanyak 37 mutasi telah terdeteksi pada protein lonjakan dalam varian Omicron. Para peneliti percaya ini adalah bagian dari alasan mengapa varian tersebut dapat menyebar begitu cepat, bisa menginfeksi orang yang telah di vaksin dua dosis, serta mereka yang sebelumnya telah terinfeksi Covid-19.

Menurut Veelser, pertanyaan utama yang dia dan rekan-rekannya ingin jawab adalah bagaimana konstelasi mutasi pada protein lonjakan varian Omicron memengaruhi kemampuannya untuk mengikat sel dan menghindari respons antibodi sistem kekebalan.

Untuk melakukan penelitian, para peneliti menciptakan pseudovirus, virus non-replikasi yang dinonaktifkan, yang menghasilkan protein lonjakan seperti virus corona. Selanjutnya, mereka menciptakan pseudovirus yang memiliki protein lonjakan mirip dengan varian Omicron dan strain SARS-CoV-2.

Para peneliti menemukan bahwa varian Omicron dapat mengikat 2,4 kali lebih baik daripada protein lonjakan dari galur virus yang terdeteksi pada awal pandemi. Para ilmuwan juga menemukan bahwa varian Omicron dapat mengikat reseptor ACE2 tikus dengan cepat.

Para ilmuwan juga menggunakan antibodi dari pasien yang sebelumnya telah terinfeksi virus COVID-19 versi sebelumnya, mereka yang telah divaksinasi terhadap jenis sebelumnya, dan mereka yang sebelumnya terinfeksi dan divaksinasi. Mereka melihat seberapa baik antibodi dari vaksin dan infeksi sebelumnya melindungi terhadap varian Omicron.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang telah terinfeksi dengan jenis sebelumnya dan mereka yang telah menerima salah satu dari enam vaksin yang paling sering digunakan. Semuanya telah mengurangi kemampuan untuk memblokir infeksi Omicron.

Baca juga : Epidemiolog Minta Pemerintah Pastikan Faskes Siap Hadapi Omicron

Mereka yang sebelumnya telah terinfeksi dan mereka yang menerima vaksin Johnson & Johnson, Sputnik V atau Sinopharm memiliki sedikit antibodi dan bahkan tidak memiliki kemampuan untuk memblokir varian Omicron. Namun, mereka yang telah menerima dua dosis seri vaksin mRNA dari Moderna atau Pfizer-BioNTech, atau vaksin AstraZeneca, memiliki aktivitas penetralisir. Meski demikian, kemampuan untuk menetralkan varian berkurang antara 20 dan 40 kali lipat.

Studi tersebut menemukan bahwa antibodi dari orang-orang yang sebelumnya telah terinfeksi, pulih, dan kemudian memiliki dua dosis vaksin juga terbukti memiliki beberapa kemampuan menetralkan.Para peneliti menguji panel besar antibodi yang dihasilkan terhadap versi virus sebelumnya, dan mengidentifikasi empat kelas antibodi yang mempertahankan kemampuannya untuk menetralkan varian Omicron.

"Penemuan antibodi yang mampu menetralisir virus dengan mengenali area yang dilestarikan dalam berbagai varian menunjukkan bahwa vaksin dan perawatan antibodi yang menargetkan area tersebut bisa efektif melawan sejumlah strain yang bisa muncul karena mutasi," kata Veelser.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement