Rabu 29 Dec 2021 17:05 WIB

Cara Keluar dari Akun Google Jarak Jauh

Menutup jendela browser tidak akan mengeluarkan Anda dari akun Google.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Gmail/ilustrasi
Foto: gadgetlite.com
Gmail/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada kalanya Anda lupa untuk keluar dari akun Google atau Gmail dari perangkat lain dan takut seseorang mungkin mengakses dokumen penting. Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir karena Google memberikan opsi untuk keluar dari akun jarak jauh. Cara ini dapat Anda lakukan menggunakan ponsel atau PC.

Penting untuk dicatat bahwa menutup jendela browser tidak akan mengeluarkan Anda dari akun Google dan siapa pun akan dapat mengaksesnya. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari akun Google jarak jauh, seperti dilansir The Indian Express, Rabu (29/12):

Baca Juga

1.Buka aplikasi Gmail di ponsel Anda dan ketuk ikon profil yang terletak di sudut kanan atas layar. Ketuk “Kelola akun Google Anda.”

2.Anda akan diarahkan ke halaman Akun Google. Di sini, Anda akan melihat opsi seperti Beranda, Info pribadi, Keamanan, dan lain-lain.

3.Cukup buka “Keamanan” dengan menggesek ke kanan di layar.

4.Gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Perangkat Anda” lalu ketuk “Kelola perangkat.” Anda sekarang akan melihat daftar perangkat yang saat ini masuk ke akun Google atau Gmail Anda.

5.Jika Anda menemukan bahwa perangkat yang tidak dikenal memiliki akses ke akun Anda, maka Anda dapat mencabut akses dari jarak jauh dengan mengetuk ikon tiga titik dan pilih “Keluar.” Nantinya, Anda akan ditanya lagi apakah Anda ingin keluar atau tidak. Jadi, jika Anda secara tidak sengaja mengetuk tombol keluar tidak akan terjadi apa-apa.

Setelah Anda mengetuk dua kali opsi “Keluar,” Google mungkin menampilkan pesan yang mengatakan “Tetapi beberapa aplikasi mungkin masih memiliki akses. Anda telah memberikan akses aplikasi pihak ketiga ke Akun Google Anda. Jika aplikasi pihak ketiga diinstal pada perangkat ini, aplikasi ini mungkin masih digunakan untuk mengakses akun Anda. Anda dapat mencabut akses ke aplikasi yang mungkin diinstal pada perangkat.”

Ini berarti aplikasi yang Anda gunakan untuk masuk menggunakan akun Google Anda akan tetap dapat digunakan di ponsel itu bahkan jika Anda keluar dari akun Google Anda. Jadi, jika Anda beralih dari ponsel lama, pastikan Anda keluar dari semua aplikasi.

Google akan mengatakan “Ketika Anda memberikan akses pihak ketiga ke Akun Google Anda, mereka mungkin dapat membaca, mengedit, menghapus, atau berbagi informasi sensitif dan pribadi. Sebelum Anda memberi pihak ketiga akses ke Akun Google Anda, Anda harus membaca kebijakan privasi dan pengungkapan keamanan untuk aplikasi atau layanan pihak ketiga untuk mempelajari bagaimana mereka menggunakan data Anda dan bagaimana mereka menjaganya tetap aman.”

Gmail akan selalu mengirimi Anda pemberitahuan setiap kali Anda membuat perubahan di bagian keamanan. Saat Anda membuat perubahan di “Kelola Perangkat,” Google langsung meminta Anda untuk memeriksa aktivitas keamanan terbaru. Jadi, jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, Anda dapat segera mengamankan akun dengan mengubah kata sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement