Rabu 29 Dec 2021 11:21 WIB

Kilas Balik Sepak Bola Jepang 2021: J League Hingga Piala Kaisar

Kawasaki Frontale masih menjadu raja J1 League 2021.

Kawasaki Frontale juara Meiji Yasuda J1 League 2021.
Foto: Dok J league
Kawasaki Frontale juara Meiji Yasuda J1 League 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbeda dengan Eropa, gelaran sepak bola di Jepang dilangsungkan sepanjang tahun kalender yang sama. Riuh aksi para aktor lapangan hijau Negeri Sakura dibuka dengan Piala Super Jepang, dan ditutup dengan final Piala Kaisar.

Berikut kilas balik sepak bola Jepang sepanjang 2021:

Baca Juga

Piala Super Jepang 2021

Fuji Xerox Super Cup 2021 adalah gelaran Piala Super Jepang ke-28 sepanjang sejarah yang digelar pada 20 Februari 2021. Biasanya, gelaran Piala Super Jepang mempertemukan pemegang gelar J1 League dan juga Piala Kaisar musim sebelumnya.

Kawasaki Frontale adalah juara bertahan J1 League sekaligus Piala Kaisar musim 2020. Pada laga ini, Frontale ditantang Gamba Osaka yang musim sebelumnya jadi runner-up di liga sekaligus di Piala Kasiar.

Bermain di Saitama Stadium 2002, Kawasaki Frontale menang tipis 3-2 lewat gol telat Yu Kobayashi pada menit ke-90+6. Ini jadi gelar Piala Super Jepang kedua bagi Frontale setelah sebelumnya pernah menang pada 2019.

J League Cup 2021

Gelaran J League YBC Levain Cup 2021 digelar mulai awal Maret hingga final pada 30 Oktober 2021, diikuti oleh total 20 tim. Empat tim yang tahun ini lolos ke Liga Champions Asia berhak langsung lolos ke babak delapan besar J League Cup, dengan empat tempat tersisa diperebutkan oleh 16 tim lainnya. Peserta kompetisi ini semuanya klub Meiji Yasuda J1 League musim ini.

Nagoya Grampus berhasil jadi juara usai masuk dari babak delapan besar, mereka mengalahkan Kashima Antlers dan F.C.Tokyo untuk mencapai final. Di final, Nagoya Grampus menang 2-0 lawan Cerezo Osaka dan meraih gelar J.League Cup pertama mereka sepanjang sejarah. Gelandang Nagoya Grampus, Sho Inagaki, terpilih jadi Pemain Terbaik sekaligus Top Skor turnamen.

Liga Jepang 2021

Kawasaki Frontale masih menguasai Meiji Yasuda J1 League 2021. Frontale sudah menjuarai Liga Jepang empat kali dalam lima musim terakhir.

Musim ini, Kawasaki Frontale juara dengan koleksi 92 poin, jumlah poin terbanyak juara J League sepanjang sejarah single-season. Mereka unggul 12 poin dari Yokohama F. Marinos yang menempati posisi kedua, disusul Vissel Kobe di tempat ketiga dengan 73 angka. Ketiganya akan jadi wakil Jepang di Liga Champions Asia musim depan.

Di sisi berlawanan tabel klasemen, empat tim harus rela terdegradasi ke kasta kedua. Mereka, yakni Tokushima Vortis, Oita Trinita, Vegalta Sendai, dan Yokohama FC.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement