Selasa 28 Dec 2021 21:50 WIB

5 Tips Mengukur Tekanan Darah di Rumah

Ada hal yang perlu diketahui ketika memantau tekanan darah di rumah.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Ada hal yang perlu diketahui ketika memantau tekanan darah di rumah (Foto: ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Ada hal yang perlu diketahui ketika memantau tekanan darah di rumah (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi terbaru yang diterbitkan oleh American Heart Association (AHA) menemukan bahwa tekanan darah meningkat di antara orang dewasa Amerika paruh baya selama pandemi Covid 19. Hal ini tentu saja membuat banyak orang khawatir dan mulai mengawasi situasi tekanan darahnya. 

"Mengetahui tekanan darah Anda sangat membantu untuk mengidentifikasi faktor risiko penyakit kardiovaskular, seperti stroke," ujar Jennifer Wong, MD, ahli jantung dan direktur medis Kardiologi Non-Invasif di MemorialCare Heart and Vascular Institute di Orange Coast Medical Center di Fountain Valley, California.

Baca Juga

Dilansir dari laman Well and Good, Selasa (28/12), saat mengukur tekanan darah akan melihat dua angka. Yang pertama adalah tekanan darah sistolik, dan angka ini menunjukkan seberapa besar tekanan yang diberikan terhadap dinding arteri saat jantung  berdetak. Angka kedua adalah tekanan darah diastolik, dan ini memberi tahu berapa banyak tekanan yang diberikan darah saat jantung beristirahat di antara detak. 

American College of Cardiology (ACA) dan AHA mendefinisikan hipertensi sebagai tekanan darah pada atau di atas 130/80 mmHg. Idealnya, tekanan darah kurang dari 120/80 mmHg dianggap normal.

Tekanan darah secara alami naik dan turun di siang hari. Namun, jika tekanan darah tetap tinggi untuk waktu yang lebih lama maka meningkatkan risiko kerusakan jantung. 

Untungnya, memeriksa tekanan darah cukup mudah dilakukan. Sebagian besar toko obat menyediakan alat pengukur tekanan darah yang dapat digunakan di rumah.

Namun, ada hal yang perlu diketahui ketika memantau tekanan darah di rumah. Berikut, tips memeriksa tekanan darah di rumah.

 

1. Cobalah untuk memeriksa tekanan darah sekitar waktu yang sama

Holly S Andersen, MD, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran klinis di New York-Presbyterian Hospital Weill Cornell Medical Center mengatakan, baik untuk melakukan ini pada waktu yang sama setiap hari karena tekanan darah Anda berubah sepanjang hari. Namun, sebaiknya  jangan  mengukur tekanan darah Anda terlebih dahulu. 

"Tekanan darah Anda setelah bangun tidur paling sering merupakan tekanan darah tertinggi hari itu," ujarnya.

 

2. Pastikan dalam kondisi duduk

AHA merekomendasikan duduk dengan punggung lurus dan didukung yaitu, di kursi makan, bukan sofa. Kaki Anda harus rata di lantai, dan kaki Anda tidak boleh disilangkan. Anda ingin lengan Anda ditopang pada permukaan datar seperti meja dengan lengan atas setinggi jantung.

 

3. Tunggu beberapa menit sebelum membaca

AHA merekomendasikan untuk mengosongkan kandung kemih Anda dan melakukan istirahat tenang selama lima menit sebelum melakukan pengukuran. "Anda ingin santai. Aktivitas fisik dan stres Anda dapat memengaruhi membaca," ujar Dr. Wong. 

 

4. Ambil dua hingga tiga bacaan, terpisah satu menit

AHA menyarankan untuk mengambil dua hingga tiga bacaan, dengan istirahat sebentar di antaranya. Andersen merekomendasikan melepas manset sepenuhnya di antara pembacaan. "Membiarkannya, mengembang sebagian, akan mengubah pembacaan," katanya. 

Jennifer Haythe, MD, co-director Women's Center for Cardiovascular. Kesehatan di Pusat Medis Irving Universitas Columbia dan ahli jantung di New York-Presbyterian/Columbia menambahkan jika hasilnya sangat bervariasi, ada yang salah dengan perangkatnya.

 

5. Jangan minum kafein atau olahraga 30 menit sebelumnya

"Kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda, jadi sebaiknya hindari selama 30 menit sebelum membaca," jelas Andersen. 

Tekanan darah Anda meningkat saat Anda berolahraga, dan akan membutuhkan beberapa menit untuk kembali ke garis dasar. Jika Anda menemukan tekanan darah Anda tinggi secara konsisten, inilah saatnya untuk menghubungi dokter Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement