Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

4 Perubahan Perilaku Beauty Enthusiast Sebelum Beli Produk

Selasa 28 Dec 2021 20:05 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Pandemi membuat perilaku pelanggan kecantikan ikut berubah (Foto: ilustrasi)

Pandemi membuat perilaku pelanggan kecantikan ikut berubah (Foto: ilustrasi)

Foto: male raffine
Pandemi membuat perilaku pelanggan kecantikan ikut berubah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal, termasuk mengubah perilaku konsumen dalam membeli produk kecantikan. Sepanjang tahun 2021 di tengah naik turunnya penyebaran virus Covid-19, beauty-tech company Social Bella mencatat empat perubahan perilaku pelanggan kecantikan yang terus beradaptasi dengan kondisi yang terjadi.

Co-Founder & CMO Social Bella Chrisanti Indiana mengungkapkan bahwa beauty enthusiast adalah kelompok yang paling adaptif menghadapi perubahan yang terus terjadi selama pandemi. Dengan kemudahan teknologi dan informasi, mendorong mereka secara jeli memanfaatkan peluang yang ada. Untuk lebih jelasnya, empat perubahan perilaku pelanggan kecantikan menurut data Social Bella, dikutip Selasa (28/12).

Baca Juga

 

1. Ulasan produk jadi andalan pelanggan sebelum memutuskan pembelian 

Di tengah ratusan brand kecantikan yang hadir di Indonesia ditambah kemudahan teknologi dan informasi, kini beauty enthusiast semakin mengandalkan ulasan pelanggan lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian produk. Tidak hanya itu, beauty enthusiast juga terdorong untuk berbagi ulasan atas produk yang mereka beli dan gunakan di platform review sebagaimana tercermin pada data di aplikasi SOCO.

SOCO mencatat adanya peningkatan pengguna di 2021 hingga 31 persen dibandingkan tahun lalu. Melalui integrasi teknologi, pelanggan cukup melakukan scan barcode pada fitur yang tersedia di aplikasi SOCO pada produk yang diinginkan untuk mendapatkan informasi lengkap mulai dari deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan produk, hingga rating dan ulasan pelanggan lainnya.

“Kemudahan ini juga mendorong peningkatan total ulasan yang diberikan oleh para pelanggan dimana meningkat sebesar 58 persen dibandingkan total ulasan di tahun 2020. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna SOCO lebih aktif secara digital dan lebih semangat dalam memberikan review produk-produk kecantikan yang mereka beli di Sociolla,” kata Chrisanti dalam keterangannya, Senin (27/10).

 

2. Pelanggan kian selektif memilih produk kecantikan 

Menurut Chrisanti, seiring dengan semakin maraknya industri kecantikan dengan berbagai inovasi produk, beauty enthusiast semakin mempunyai banyak pilihan dan selektif memilih produk untuk digunakan. Salah satu yang menjadi minat adalah produk yang mengandung bahan aktif atau active ingredients. Akan tetapi, tidak semua konsumen memahami mengenai bahan aktif ini.

Padahal kandungan produk menjadi poin pertimbangan penting bagi pelanggan untuk memilih produk kecantikan yang akan mereka gunakan agar lebih tepat dan efektif sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  Oleh karena itu, Sociolla memberikan informasi yang lengkapnya dengan meluncurkan laman khusus The Active Ingredients Guide yang tersedia di aplikasi SOCO. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA