Wednesday, 24 Syawwal 1443 / 25 May 2022

Kata Terakhir dalam Alquran yang Diturunkan pada Nabi Muhammad SAW

Selasa 28 Dec 2021 14:50 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah

Kata Terakhir dalam Alquran yang Diturunkan pada Nabi Muhammad SAW. Ilustrasi.

Kata Terakhir dalam Alquran yang Diturunkan pada Nabi Muhammad SAW. Ilustrasi.

Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Al-Baqarah ayat 281 adalah ayat terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran adalah wahyu terakhir yang Allah SWT anugerahkan kepada umat Nabi Muhammad SAW agar menjadi jalan bagi para pengikutnya. Rasulullah SAW bersabda, "...Perumpamaan keutamaan kalam ilahi dibandingkan ucapan yang lain seperti keutamaan Allah terhadap makhluk-Nya." (HR Tirmidzi)

Allah SWT berfirman, "(Yaitu) Alquran dalam bahasa Arab, tidak ada kebengkokan (di dalamnya) agar mereka bertakwa." (QS Az-Zumar ayat 28)

Baca Juga

Dalam surah lain, juga dipaparkan mengenai keutamaan Alquran bagi orang beriman. Allah SWT berfirman, "Dan Kami turunkan dari Alquran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Alquran itu) hanya akan menambah kerugian." (QS Al-Isra ayat 82)

Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada Malam Qadar atau Lailatul Qadar dan proses keseluruhannya berlangsung selama sekitar 20 tahun. Kata pertama yang diturunkan adalah "Iqra".

Lantas, apa kata terakhir dalam Alquran yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW? Sebagian Muslim mungkin ada yang belum mengetahui mengenal hal itu, yaitu sebetulnya apa kata terakhir yang diturunkan Allah SWT.

Perlu diketahui terlebih dulu tentang ayat terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Ayat terakhir yang diturunkan kepada beliau adalah ayat 281 Surat Al-Baqarah.

Allah SWT berfirman, "Dan takutlah pada hari (ketika) kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian setiap orang diberi balasan yang sempurna sesuai dengan apa yang telah dilakukannya, dan mereka tidak dizalimi (dirugikan)." (QS Al-Baqarah ayat 281)

Dari Ibnu Abbas RA, dia berkata bahwa ayat tersebut merupakan ayat terakhir yang diturunkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

https://www.elbalad.news/5102659

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA