Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Juara 3 OlympicAD Jateng

Selasa 28 Dec 2021 12:58 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang.

Siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang.

Foto: Dok SMK Muhammadiyah 2 Muntilan
Tiga siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan meraih juara di dua lomba berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Siswa SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang meraih juara 3 Olympic Ahmad Dahlan (OlympicAD) Jawa Tengah (Jateng). Kepala SMK 2 Muhammadiyah Muntilan, Untung Supriyadi menjelaskan, terdapat tiga siswa yang berprestasi.

Mereka adalah Khafifah Arum Sari dan Aprilia Nurul Hidayah yang menjuarai lomba business plan, serta Widya Prastiwi yang menangkan lomba ekonomi. "Ketiga siswa tersebut meraih juara tiga pada masing-masing cabang lomba," katanya di Kabupaten Magelang, Jateng, Selasa (28/12).

Baca Juga

Untung berharap, ketiga siswanya itu bisa menjadi contoh bagi siswa lain untuk berprestasi. Mereka tidak hanya berprestasi secara akademik, sambung dia, melainkan juga berkarakter baik. Seperti Khafifah Arum Sari, yang sudah berani mencoba usaha online shop.

Menurut Untung, siswanya tersebut menyisihkan keuntungan dari berjualan untuk tambahan uang saku sekolah. "Kalau dia punya uang sendiri, tidak minta uang saku lagi dari orang tua, bahkan pernah membelikan mukena untuk ibunya dari hasil usahanya itu," katanya.

Aprilia Nurul Hidayah juga mempunyai pengalaman yang kurang menyenangkan. Di awal program Kewirausahaan (KWU), kata Untung, orang tuanya meragukan pilihan anaknya. Namun di sekolah, guru memberikan bimbingan ekstra kepada Aprilia. Sehingga ia bisa membuktikan prestasi dari apa yang ditekuninya itu.

Guru pembimbing lomba, Jumarsih menyatakan,, bangga dengan ketiga siswanya itu, karena jerih payah dan usaha selama mengikuti lomba tersebut membuahkan hasil. Sebagai pembimbing, Jumarsih mengaku, memberikan pengarahan dan penguatan mental serta menyiapkan sarana dan prasarana penunjang lomba.

"Meskipun sudah juara, tapi harus menggali dan meningkatkan potensi diri untuk terus berprestasi," kata guru kewirausahaan tersebut.

Widya Prastiwi, siswa kelas XII Perbankan Syariah, merasakan persaingan di ajang OlympicAD. Cabang lomba tersebut diikuti 51 peserta. "Saya cukup puas berada di urutan ketiga. Saat lomba saya sedikit gugup," katanya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA