Senin 27 Dec 2021 15:26 WIB

Film Sepeda Presiden Peroleh Review Positif Penonton Papua

Stevanus mengatakan kehidupan masa kecilnya mirip seperti The Papua Kids.

 Film Sepeda Presiden yang dirilis 23 Desember 2021 lalu direspons positif oleh penonton di Indonesia.
Foto: dokpri
Film Sepeda Presiden yang dirilis 23 Desember 2021 lalu direspons positif oleh penonton di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Film Sepeda Presiden yang dirilis 23 Desember 2021 lalu direspons positif oleh penonton di Indonesia. Tidak kurang para selebritas dan penonton-penonton yang sudah menyaksikan film memberikan  penilaian dan komentar setelah menyaksikan film Sepeda Presiden.

"Film Sepeda Presiden selain menggembirakan (dengan lagu-lagunya), juga ada nilai-nilai  tentang bagaimana merawat alam,” ujar Jordi, penonton asal Jayapura. 

Ungkapan soal alam dan  latar cerita yang memperlihatkan kekayaan alam Papua, terutama Raja Ampat, sejak film ini  ditonton di acara screening khusus, memang membuat kagum banyak penonton. 

"Saya bahkan  sempat terharu dan menangis menyaksikan keindahan alam Papua yang hadir di film ini,” jelas Stevanus, pemuda kelahiran Sorong, yang hadir di acara Nonton Bareng di Epicentrum XXI, pekan lalu.

Stevanus menambahkan, kehidupan masa kecilnya, persis seperti yang digambarkan petulangan The Papua Kids (Edo, Saulus dan Uben). Dia juga harus berperahu untuk bermain dan mencapai sekolahnya. Alam Papua yang hadir di film ini juga membawa kenangan masa lalu Stevanus. Itu  yang membuat ia tak mampu membendung air matanya. 

Papua, selain kekayaannya alamnya, juga banyak memiliki anak-anak berbakat alami dalam  berakting. Ini diakui oleh Christine Hakim yang memuji sejumlah pemeran asli Papua. Termasuk  tiga anak The Papua Kids. "Saya pernah bikin film dan bermain film bersama anak-anak Papua. Saya tahu potensi mereka, sungguh luar biasa. Ditambah dengan latar kekayaan alam Papua,  menjadikan film Sepeda Presiden ini harus ditonton anak-anak Indonesia, agar mereka  memahami yang dirasakan masyarakat Papua. Film Sepeda Presiden, sangat inspiratif!" jelas Christine yang hadir di pemutaran perdana film Sepeda Presiden.

Aktor Reza Rahadian pun sepakat dengan Christine Hakim. Tapi ia lebih suka menyoroti isu keberagaman  dan kegembiraan yang dihadirkan film Sepeda Presiden. Melalui lagu-lagu anak-anak dan  kegembiraannya, menjadikan film Sepeda Presiden sangat menghibur dan menyenangkan  dinikmati hingga akhir cerita.

Film Sepeda Presiden bercerita tentang petualangan tiga anak Papua setelah bertemu Yutuber  asal Jakarta yang diperankan Ariel Tatum sebagai Binar. Berkat Binar, ketiga anak memahami dunia  luar melalui internet. Bahkan ketiganya semakin bersengat bagaimana presiden membagikan  sepeda untuk anak-anak Indonesia. Pertemuan mereka diwarnai kelucuan, petualangan- petualangan tak terduga, bahkan sampai harapan besar bisa bertemu presiden dan mendapatkan  hadiah sepeda.

Begitu juga Binar yang mendapatkan pengalaman luar biasa bersama The Papua Kids dan dekat  dengan para suster. Binar menemukan kembali jati dirinya yang selama ini tenggelam dalam  dunia maya. Pekerjaan sebagai Yutuber telah menjauhkannya dari realita kehidupan. Dunia maya,  hanyalah dunia semu yang menjauhkan kehidupannya dari realita sesungguhnya. 

Film Sepeda Presiden menjadi hiburan keluarga-keluarga Indonesia selama Natal dan menyambut Tahun Baru. Film yang dihiasi belasan lagu-lagu menggembirakan, lagu-lagu nostalgia dan lagu romantis tersebut juga memiliki kekuatan visual dalam menampilkan keindahan Papua,  menjadi pilihan menikmati hiburan menyenangkan di gedung bioskop bersama keluarga.

Saat ini, pemain-pemain film Sepeda Presiden tengah melakukan kegiatan kunjungan ke  bioskop-bioskop. Ahad (26/12) kemarin nobar di Bandung. Menyusul di Yogyakarta di  (Jogja City Mall XXI, 27 Desember 2021), Solo di Solo Square XXI, 28 Desember 2021. Dan  Surabaya di Tunjungan 3 XXI, 29 Desember 2021. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement