Monday, 15 Syawwal 1443 / 16 May 2022

Jelang Newcastle vs MU, Howe Tunjukkan Rasa Hormat untuk Rangnick

Senin 27 Dec 2021 15:05 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Manajer Manchester United Ralf Rangnick meninggalkan lapangan saat turun minum saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris,  Ahad (5/12).

Manajer Manchester United Ralf Rangnick meninggalkan lapangan saat turun minum saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Crystal Palace di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Ahad (5/12).

Foto: AP/Jon Super
Rangnick disebut-sebut menjadi mentor sosok seperti Juergen Klopp, dan Thomas Tuchel.

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Beberapa jam lagi, Newcastle United bertemu Manchester United dalam lanjutan Liga Primer Inggris musim 2021/22. Duel tersebut berlangsung di Stadion St James Park, Selasa (28/12) dini hari WIB.

Pelatih tuan rumah, Eddie  Howe bereaksi. Ia memberikan pujian untuk arsitek MU, Ralf Rangnick. Ia mengetahui sepak terjang juru taktik berkebangsaan Jerman itu.

Baca Juga

"Saya tahu, dia memiliki pengaruh besar terhadap beberapa pelatih yang saat ini aktif dan sukses di Liga Primer," kata Howe, dikutip dari independent.ie, Senin (27/11).

Tak berlebihan apa yang diutarakan pria 44 tahun ini. Rangnick disebut-sebut menjadi mentor sosok seperti Juergen Klopp, dan Thomas Tuchel. Klopp sedang membangun sejarah berkelas bersama Liverpool. Begitu juga dengan Tuchel di Chelsea.

Gaya permainan menekan tinggi mereka, sedikit banyak terinspirasi dari pemikiran Rangnick. Gaya tersebut, tidak cuma mengandalkan penguasaan bola. Tapi juga serangan cepat di sepertiga pertahan lawan.

Howe menilai, eks pelatih Schalke 04 itu salah satu pelopor perubahan budaya dalam olahraga ini. Banyak orang mengikuti cara yang bersangkutan. Dirinya sendiri, sering menjadikan Rangnick sebagai tempat untuk bercerita.

"Selama bertahun-tahun, dia seseorang yang saja ajak bicara. Seseorang yang sangat saya hormati dan saya kagumi," ujarnya.

Sejatinya, Rangnick baru mendampingi MU dalam tiga pertandingan. Namun Howe sudah melihat adanya perubahan. Kini timnya bakal menjadi lawan the Red Devils.

Sudah pasti, the Magpies bakal mejalani laga sulit. Tuan rumah berharap pada dukungan penggemar di St James Park. Kemudian, Newcastle bakal memberikan segalanya, agar segera keluar dari periode sulit.

Newcastle berada di peringkat ke-19 klasemen sementara. Setelah tampil dalam 18 pertandingan, Ryan Fraser dan rekan-rekan baru meraih satu kemenangan. Sisanya pasukan hitam putih, merasakan 10 kekalahan dan tujuh imbang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA