Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

FOI Gelar Anugerah Ibu Teladan Bagi Relawan Pembuka Akses Pangan

Senin 27 Dec 2021 14:16 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Foodbank of Indonesia (FOI) menggelar Anugerah Ibu Teladan yang ke-2 sebagai penghargaan para relawan ibu hebat yang telah bergerak membuka akses pangan anak dan keluarga Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam momen Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember.

Foodbank of Indonesia (FOI) menggelar Anugerah Ibu Teladan yang ke-2 sebagai penghargaan para relawan ibu hebat yang telah bergerak membuka akses pangan anak dan keluarga Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam momen Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember.

Foto: istimewa
Anugerah Ibu Teladan II diberikan dalam momen Hari Ibu tanggal 22 Desember

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Foodbank of Indonesia (FOI) menggelar Anugerah Ibu Teladan yang ke-2 sebagai penghargaan para relawan ibu hebat yang telah bergerak membuka akses pangan anak dan keluarga Indonesia. Penghargaan ini diberikan dalam momen Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember. 

Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual dan dihadiri oleh ribuan relawan dan mitra Foodbank of Indonesia. Pada situasi pandemi COVID-19, isu pangan dan kelaparan di Indonesia perlu menjadi perhatian khusus, terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia masih menghadapi tantangan permasalahan kemiskinan dimana jumlah warga miskin di Indonesia meningkat lebih dari 2,7 juta jiwa akibat pandemi COVID-19. Survei yang dilakukan FOI pada tahun 2020 di 14 kota kabupaten, menunjukkan bahwa ada sekitar 27 persen bahkan di pemukiman padat angkanya mecapai 50 persen anak yang belajar di sekolah (PAUD) dalam keadaan lapar.

Hal ini tentunya perlu menjadi perhatian bersama khususnya para ibu di Indonesia karena anak merupakan masa depan bangsa. Ibu memiliki peran kunci dalam memenuhi kebutuhan dan menentukan pilihan makanan anak dan keluarga.

Prihatin pada kondisi ini, pada tahun 2019 sampai sekarang FOI melancarkan gerakan Aksi 1000 Ibu yang diikuti oleh 4454 ibu di 20 kota/kabupaten. Aksi 1000 Ibu itu yang sekarang memperkuat kampanye Bikin Dapur Ngebul.

Melalui kampanye ini, para ibu diharapkan dapat mengajak keluarga kembali berkegiatan di dapur. Sebagai bentuk apresiasi atas upaya ini, FOI menggelar Anugerah Ibu Teladan dengan berkolaborasi bersama para mitra.

Dalam rangka mengajak para ibu Indonesia untuk kembali ke dapur mengolah makanan untuk anak dan keluarga, FOI bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada menggelar kompetisi Adu Masak Ibu Hebat yang para pemenangnya diumumkan juga pada acara Anugerah Ibu Teladan II.

Anugerah Ibu Teladan II ini terdiri dari dua jenis penghargaan yaitu Ibu Teladan dan Penghargaan kepada perusahaan/dunia usaha yang telah 3 tahun berturut-turut mendukung pergerakan FOI dalam membuka akses pangan.

Pendiri Foodbank of Indonesia, Hendro Utomo menjelaskan bahwa betapa pentingnya peran ibu dalam memerangi kelaparan bagi masa depan Indonesia. "Ibu yang memberikan kita gizi pertama saat kita lahir. Ibu yang merawat dan membesarkan kita dengan kasih dan nilai-nilai. Pada tanggal 22 Desember ini tahun 1928, sebanyak 600 perempuan hadir berkongres di Jogja mendorong lahirnya sebuah bangsa, Bangsa Indonesia," ucap dia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (27/12).

4454 ibu bergerak bersama FOI dalam Aksi 1000 Ibu Indonesia membuka akses pangan bagi anak-anak untuk masa depan Indonesia. Pihaknya pun menargetkan bisa menggerakan sejuta ibu untuk menghapus kelaparan dan kurang gizi untuk masa depan Indonesia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA