Senin 27 Dec 2021 13:32 WIB

Van der Sar Kirim Sinyal Soal Akhir Kiprah Mazraoui Bersama Ajax

Kontrak Mazraoui bersama Ajax Amsterdam akan berakhir pada Juni 2022

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Muhammad Akbar
Edwin Van Der Sar
Foto: AP Photo
Edwin Van Der Sar

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Direktur Eksekutif Ajax Amsterdam, Edwin Van der Sar, mengakui, kebuntuan dalam proses negosiasi kontrak Noussair Mazraoui.

Ajax Amsterdam agaknya siap kehilangan bek kanan berusia 24 tahun itu pada jendela transfer Januari mendatang. Kontrak Mazraoui bersama Ajax Amsterdam akan berakhir pada Juni 2022 atau pada akhir musim ini.

Kendati begitu, upaya manajemen De Godenzonen untuk memperpanjang pemain keturunan Maroko itu terus menemui kegagalan. Hingga kini, Mazraoui belum juga menandatangani kontrak anyar bersama Ajax Amsterdam.

Van der Sar menyebut, Ajax Amsterdam tidak mau kehilangan penggawa-penggawa terbaiknya agar bisa tetap bersaing di level teratas, tidak hanya di kompetisi domestik, tapi juga di pentas Eropa.

Namun, apabila perpanjangan kontrak tidak juga mencapai kata sepakat, maka Ajax tidak bisa mencegah kepergiaan pemain-pemainnya, termasuk Mazraoui.

''Kami telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk negosiasi itu. Kami sebenarnya ingin mempertahankannya di tim ini. Saat ini sudah berada di pertengahan Desember. Jadi, Anda bisa tentu sudah bisa tahu, kemana arah dari situasi ini,'' tutur Van der Sar dalam wawancara dengan Het Parool, Ahad (26/12).

Setelah dua musim memperkuat tim junior Ajax Amsterdam, Mazroui dipromosikan ke tim utama De Godenzonen pada awal musim 2017/2018. Mazroui menyusul Donny van de Beek, Mattjhis de Ligt, dan Frenkie de Jong yang lebih dulu dipercaya mememperkuat tim senior Ajax Amsterdam.

Performa Mazroui pun terus meningkat. Puncaknya, Mazroui berhasil mengantarkan De Godenzonen ke babak semifinal Liga Champions musim 2018/2019. Begitu pula dengan keberhasilan Ajax meraih titel Liga Belanda dalam dua musim terakhir.

Selama enam musim terakhir memperkuat Ajax, Mazroui mengemas 113 penampilan di semua ajang dan menyumbang sembilan gol. Sementara pada musim ini, performa Mazroui sempat terganggu cedera paha dan masalah kesehatan. Mazroui pun mesti absen di empat laga Ajax di arena Eredivisie.

Namun, di pentas Liga Champions, Mazroui tidak tergantikan di posisi bek kanan. Mazroui tampil di sepanjang babak penyisihan grup C dan mengantarkan Ajax menorehkan rekor kemenangan 100 persen dari enam laga.

Konsistensi perfoma Mazroui ini ternyata menarik minat sejumlah klub besar Eropa, tidak terkecuali Barcelona. Klub asal Katalan itu disebut-sebut tertarik memboyong Mazroui guna meningkatkan opsi pemain di posisi bek kanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement