Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

...

Ini Lima Pesepak Bola Top yang Gantung Sepatu pada 2021

Senin 27 Dec 2021 06:44 WIB

Red: Endro Yuwanto

Striker Barcelona Sergio Aguero saat konferensi pers untuk mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pesepak bola profesional karena kondisi jantung di Barcelona, Spanyol, Rabu (15/12/2021).

Striker Barcelona Sergio Aguero saat konferensi pers untuk mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pesepak bola profesional karena kondisi jantung di Barcelona, Spanyol, Rabu (15/12/2021).

Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Setiap tahun selalu ada pemain bola yang gantung sepatu alias pensiun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karier pemain sepak bola memang terbilang singkat dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Rata-rata pemain biasanya sudah pensiun di usia 35 tahun.

Meski begitu ada pemain yang pensiun dini di bawah 35 tahun karena faktor cedera atau tidak ada klub yang mau menawarkan kontrak baru. Namun, tidak sedikit pemain yang masih bermain di usia tua bahkan hingga 40 tahun ke atas.

Baca Juga

Setiap tahun selalu ada pemain bola yang gantung sepatu alias pensiun, tak terkecuali tahun 2021. Berikut lima pemain ternama yang memutuskan gantung sepatu tahun ini.

1. Sergio Aguero

Legenda Argentina dan Manchester City, Sergio Aguero, terpaksa harus pensiun pada usia 33 tahun karena penyakit jantung dan setelah disarankan dokter untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Aguero akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu striker terbaik di generasinya dan bisa dibilang sebagai pemain terhebat dalam sejarah Manchester City.

Aguero telah mencetak 260 gol untuk Man City dan merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa klub. Karier internasional Aguero juga cukup baik bersama timnas Argentina, dengan mencatatkan lebih dari 100 pertandingan dan mencetak 41 gol. Sebelum pensiun, Aguero berhasil membantu negaranya mengakhiri puasa gelar selama 28 tahun setelah menjuarai Copa America 2021.

2. Arjen Robben

Robben dianggap sebagai salah satu pemain sayap terbaik di dunia. Ia mengumumkan pensiun dari sepak bola pada Juli 2021 setelah kembali ke klub tempat dia memulai kariernya yaitu Groningen pada musim 2020/2021. Pemain berusia 37 tahun itu bermain untuk sejumlah klub top selama kariernya, tetapi puncak kariernya adalah saat membela Bayern Muenchen.

photo
Arjen Robben kembali ke lapangan hijau. Robben memutuskan bergabung dengan Groningen dengan durasi kontrak setahun dan kemudian memilih pensiun. - (EPA-EFE/OLAF KRAAK)

Bersama klub Jerman tersebut, Robben membuat 309 penampilan dalam 10 tahun dan membantu memenangkan delapan gelar Bundesliga dan Liga Champions 2013. Robben juga membuat 96 penampilan untuk timnas Belanda dan prestasi terbaiknya adalah membawa Belanda ke final Piala Dunia tahun 2010 sebelum dikalahkan Spanyol.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA