Senin 27 Dec 2021 05:07 WIB

Ilmuwan Amerika Temukan Spesies Celurut Baru di Sulawesi

Peneliti dari Louisiana, Amerika Serikat (AS) mengidentifikasi 14 spesies celurut.

Rep: Lintar Satria/ Red: Agung Sasongko
Celurut
Foto: wikipedia
Celurut

IHRAM.CO.ID,  NEW ORLEANS -- Peneliti dari Louisiana, Amerika Serikat (AS) mengidentifikasi 14 spesies celurut baru di Sulawesi, Indonesia. Tujuh genus diantaranya sudah ditemukan sebelumnya.

Biolog dari Louisiana State University Jake Esselstyn mengatakan terdapat begitu banyak dan semua celurut terlihat sama. Sehingga ia dan rekan-rekannya mulai mencari kata Latin yang artinya 'biasa'.

Baca Juga

"Kalau tidak saya tidak tahu akan kami namakan apa," kata Esselstyn yang menggambarkan tujuh spesies mamalia pemakan serangga di sebuah pulau di Sulawesi, Ahad (26/12).

Itulah mengapa celurut yang arti dalam bahasa Latin artinya 'ekor berbulu' dan 'panjang' bergabung dengan 'Crocidura mediocris,” “C. normalis,” “C. ordinaria,” dan “C. solita”. Solita bahasa Latin untuk 'biasa'.

Asisten profesor Arizona State University di School of Life Science dan pendiri  American Society of Mammalogist,  Nathan S. Upham mengatakan makalah Esselstyn dan rekan-rekannya yang setebal 101 halaman akan 'sangat berharga untuk semua mahasiswa dan mahasiswa baru keanekaragaman mamalia'. Ia tidak terlibat penelitian tersebut.  

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement