Ahad 26 Dec 2021 18:47 WIB

Puntung Rokok Diduga Jadi Penyebab Kebakaran di Ciracas

Kebakaran dipicu puntung rokok yang dibuang sembarangan dalam kondisi masih menyala.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran yang melanda sebuah rumah. (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran yang melanda sebuah rumah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengkonfirmasi adanya kebakaran di Kelurahan Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Ahad (26/12).

Dikatakan dia, kebakaran itu melanda sebuah rumah kontrakan, tepatnya di Jalan Tanah Merdeka II RT 002/06 Nomor 24. Dia menambahkan, kebakaran terjadi pada pukul 06.11 WIB pagi.

Baca Juga

Menurutnya, awal mula kejadian diperkirakan karena puntung rokok yang dibuang sembarangan, mengenai benda mudah terbakar di lokasi rumah. "Kebakaran dipicu puntung rokok yang dibuang sembarangan dalam kondisi masih menyala. Sehingga mengenai benda mudah terbakar hingga akhirnya terjadi kebakaran," kata Gatot, Ahad (26/12).

Meski si jago merah melalap rumah kontrakan tersebut, api, kata dia, tidak sempat merembet ke bangunan lain. Hal itu menurut Gatot, karena warga langsung sigap melakukan pemadaman seadanya.

Dijelaskan Gatot, pihaknya mengerahkan dua unit mobil pemadam berikut dengan 10 personil ke lokasi. Karena api sudah berhasil dipadamkan warga, lanjut dia, petugas hanya melakukan pendinginan untuk memastikan bahwa api benar-benar padam.

Meski tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa itu, kebakaran dikisar merugikan materi senilai Rp 90 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement