Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

RM dan Jin BTS Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sabtu 25 Dec 2021 23:28 WIB

Rep: ferginadirab/ Red: Joko Sadewo

Dua anggota grup grup K-pop BTS, RM dan Jin dikabarkan positif Covis-19. Foto Grup K-pop BTS  (ilustrasi)

Dua anggota grup grup K-pop BTS, RM dan Jin dikabarkan positif Covis-19. Foto Grup K-pop BTS (ilustrasi)

Foto: AP
Ini berarti tiga anggota BTS positif Covid-19 sekembalinya dari konser di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Dua anggota grup BTS, RM dan Jin dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19. Label perusahaan yang menaungi grup K-Pop, BIGHIT MUSIC mengumumkan kabar tersebut melalui aplikasi Weverse, Sabtu (25/12).

"Halo. Ini BIGHIT MUSIC. Anggota BTS RM dan JIN didiagnosis Covid-19 pada Sabtu malam, 25 Desember," tulis keterangan resmi BIGHIT di Weverse seperti dilansir laman Soompi, Sabtu.

Baca Juga

 

Kabar positifnya Kim Namjoon (RM) dan Kim Seokjin (Jin) datang setelah anggota lain Min Yoongi (Suga) sebelumnya juga dinyatakan positif. Ini berarti tiga anggota BTS positif Covid-19 sekembalinya dari konser dan kegiatan syuting reality show di Amerika Serikat (AS).

"Setelah kembali pada Jumat (17/12) dari Amerika Serikat mengikuti jadwal pribadinya sebagai bagian dari masa liburan resminya, RM segera menjalani tes PCR, dinyatakan negatif dan menjalani karantina mandiri di rumahnya sebagaimana diamanatkan oleh prosedur pengendalian Covid-19. Namun, ia menjalani tes PCR hari ini sebelum jadwal karantinanya selesai dan dinyatakan positif COVID-19; dia saat ini tidak menunjukkan gejala," kata BIGHIT.

Sementara Jin, dikabarkan bergejala flu dan demam ringan. Jin diketahui sudah menyelesaikan masa karantina sekembalinya dari AS. Jin, Jungkook, dan Jimin adalah tiga anggota BTS yang kembali ke Korea Selatan lebih awal daripada anggota dan staf BTS selepas konser di AS. "Jin kembali ke Korea pada Senin, 6 Desember dan menjalani tes PCR saat dia kembali dan sebelum masa karantina selesai. Saat itu dia dinyatakan negatif," kata BIGHIT.

"Namun, karena Jin merasakan gejala seperti flu sore ini, dia menjalani tes PCR dan dinyatakan positif Covid-19 sore ini. Dia menunjukkan gejala ringan termasuk demam ringan, dan sedang menjalani perawatan sendiri di rumah,' tambah BIGHIT.

RM dan Jin dikatakan telah divaksin Covid-19 lengkap pada akhir Agustus. Saat ini keduanya menjalani perawatan mandiri di rumah sesuai pedoman otoritas kesehatan. BIGHIT menegaskan tidak ada anggota yang terkonfirmasi positif yang melakukan kontak dengan anggota lain setelah mereka kembali ke Korea.

"Perusahaan kami akan terus memberikan dukungan untuk pemulihan cepat RM dan Jin, menempatkan prioritas tertinggi kami pada kesehatan dan keselamatan artis kami. Kami akan terus bekerja sama sepenuhnya dengan permintaan dan pedoman dari otoritas kesehatan," tukas BIGHIT.

Sehari sebelumnya, Jumat (24/12), Suga juga didiagnosis dengan Covid-19 kembalinya dia ke Korea. Suga tidak berkontak dengan anggota BTS lain dan dikatakan tidak mengalami gejala.

Twitter langsung dibanjiri doa-dia rakyat Army seluruh dunia agar lekas sembuh untuk RM, Jin, dan Suga. Tidak ketinggalan doa selalu jaga kesehatan untuk keempat maknae seperti Jungkook, V, Jimin, dan J-hope juga membanjiri dunia Twitter malam ini.

Sejak debut mereka pada 2013, BTS telah mempelopori kegilaan K-Pop global dengan musik dan tarian yang catchy, upbeat, serta lirik dan kampanye sosial yang bertujuan untuk memberdayakan kaum muda. Grup ini memenangkan ajang penghargaan di American Music Awards untuk pertama kalinya pada November, dan lagu pop terbaik untuk hit musim panas mereka "Butter," di antara penghargaan lainnya.

Ketika pandemi melanda dunia, BTS menunda dan kemudian membatalkan apa yang akan menjadi tur global terbesar mereka yang melibatkan hampir 40 konser tahun lalu. Mereka beralih ke pertunjukan secara maya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA