Ahad 26 Dec 2021 05:50 WIB

Benarkah Alquran Mengandung Surat Keberuntungan?

Orang beriman meyakini apa pun yang terjadi dan menimpanya adalah kuasa Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Benarkah Alquran Mengandung Surat Keberuntungan?
Foto: iqna.ir
Benarkah Alquran Mengandung Surat Keberuntungan?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin sebagian Muslim sempat terbersit pertanyaan apakah ada surat dalam Alquran yang membawa keberuntungan. Syariat Islam tentu tidak mengakui adanya keberuntungan karena setiap Muslim harus beriman kepada Allah SWT.

Orang beriman meyakini apa pun yang terjadi dan menimpanya adalah atas kuasa Allah SWT. Pada prinsipnya, seorang Muslim tidak boleh mencari sesuatu untuk mendatangkan keberuntungan. Lantas apakah ada surat dalam Alquran yang membawa keberuntungan?

Baca Juga

Dalam riwayat Abu Said bin Al-Mu'alla, dia bercerita bahwa dirinya sedang sholat lalu Rasulullah SAW memanggilnya tetapi tidak dia jawab hingga ia menyelesaikan sholat. Kemudian Rasulullah SAW mendatangi Al-Mu'alla dan bertanya, "Mengapa engkau tidak segera datang kepadaku?"

Al-Mu'alla menjawab, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku sedang sholat." Beliau SAW pun bersabda, "Bukankah Allah SWT telah berfirman, 'Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kalian kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kalian." (Al-Anfal ayat 24).

Kemudian Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya aku benar-benar akan mengajarkan kepadamu surat yang paling besar dalam Alquran sebelum kamu keluar dari masjid ini."

"Lalu beliau memegang tanganku. Ketika beliau hendak keluar dari masjid, aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya engkau tadi mengatakan bahwa engkau akan mengajarkan kepadaku sebuah surat Alquran yang paling agung." Lalu Rasulullah SAW bersabda, "Ya, Alhamdulillahi rabbil 'alamin adalah sab'ul masani, dan Al-Qur'anul 'azim yang diberikan kepadaku."

As-Sab'ul Matsani berarti tujuh ayat yang berulang-ulang, dan ini mengacu pada ayat ke-87 Surah Al-Hijr, "Sungguh, Kami telah memberikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Alquran yang agung."

Sab'ul Masani yang dimaksud adalah Surah Al-Fatihah. Seorang Muslim yang menyadari keutamaan Surah Al-Fatihah tentu akan merasakan kegembiraan dan kebaikan yang ada di dalamnya. Namun Surah tersebut tidak diucapkan untuk memperoleh rezeki tetapi untuk menemukan karunia yang sejati.

Surah Al-Fatihah adalah harta bagi mereka yang menyadari, dan surah tersebut merupakan salah satu wahyu terbesar dari Alquran. Selain itu, salah satu keutamaan dan rahasia terbesar Surah Al-Fatihah yaitu sebagai obat untuk segala penyakit dan malapetaka.

Sumber: https://www.elbalad.news/5098744

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement