Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image andri gunawan

INSPIRASI DESA: Berstatus Mandiri, Desa Nagrak Selatan dapatkan Mobil Maskara

Info Terkini | Saturday, 25 Dec 2021, 11:00 WIB
Kepala Desa Nagrak Selatan (Sutiawan) berfose menyetir Mobil Maskara

Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) adalah kendaraan roda empat bantuan gubernur yang diberikan kepada desa-desa mandiri/berprestasi sebagai sarana pendukung operasional pemerintah desa.

Mobil yang multi fungsi ini dapat digunakan oleh warga desa sebagai: angkutan penumpang, angkut hasil pertanian, panggung hiburan, layar tancap, angkutan untuk warga sakit/melahirkan, kegiatan sosialisasi, kegiatan vaksinasi, dll.

Desa Nagrak Selatan Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu desa yang berhasil mendapatkan bantuan mobil Maskara dari Gubernur Jawa Barat ini. Didapatkannya mobil tersebut berkat status IDM desa Nagrak Selatan sebagai Desa Mandiri.

Desa Mandiri, atau bisa disebut sebagai Desa Sembada adalah Desa Maju yang memiliki kemampuan melaksanakan pembangunan Desa untuk peningkatan kualitas hidup dan kehidupan sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa dengan ketahanan sosial, ketahanan ekonomi, dan ketahanan ekologi secara berkelanjutan.

Diraihnya predikat Desa Mandiri oleh pemdes Nagrak Selatan tidak terlepas dari peranan semua komponen desa. Terutama peran Tutang Sutiawan sebagai Kepala Desa yang berhasil meningkatkan indeks Ketahanan Sosial (modal sosial, kesehatan, pendidikan, permukiman), indeks Ekonomi dan indeks ekologi.

Rencananya Mobil Maskara yang dimiliki Pemdes Nagrak Selatan ini akan di launching penggunaannya pada hari ini Sabtu, 25 Desember 2021 pukul 16.00 WIB oleh Kepala Desa Nagrak Selatan dengan dihadiri oleh seluruh perangkat Desa, Para Ketua RT dan RW, Karang Taruna, PKK, LPMD, BPD, pelaku UMKM, dan tokoh Masyarakat.

Ibong, seorang warga desa sedang menjaja Mobil Maskara

Ibong, salah seorang Warga Desa menyambut gembira kehadiran mobil Maskara ini, Dia pun sempat menjajal menaiki mobil tersebut. “Wah hebat ini, luar biasa sekali, ada banyak manfaat yang bisa di dapat warga desa dengan mobil ini”, ujarnya.

Anggota LPMD Nagrak Selatan, Apen Supendi bangga desanya punya mobil Maskara

Sementara itu, Apen Supendi selaku pengurus LPMD Nagrak Selatan menyampaikan harapan-harapan ke depan, “Hari ini kita sudah memiliki banyak kemajuan, punya mobil maskara, sudah punya objek Desa Wisata yang indah, IDM yang terus meningkat. Namun, ada satu yang menjadi pekerjaan rumah ke depan yaitu pengembangan sarana olah raga warga desa (Sawarga)”, ucapnya. Dia berharap seluruh warga desa terus bahu membahu untuk memgembangkan sarana olah raga warga desa, selain itu diharapkan juga adanya dukungan pendanaan dari pemerintah baik daerah maupun pusat.

Andri Gunawan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image