Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Priana Putra

Indonesia Vs Singapura: Ogah Penalti, Menang Harga Mati

Olahraga | Friday, 24 Dec 2021, 21:41 WIB
Indonesia vs Singapura leg 2 digelar malam ini. Indonesia sempat unggul lebih dahulu vs Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021).

Indonesia vs Singapura leg 2 bakal kembali digelar di Stadion Nasional, Singapura Sabtu (25/12/2021). Kedua tim diprediksi bakal tampil ngotot. Pasalnya, setelah imbang 1-1 di leg pertama, hasil menang menjadi harga mati alias wajib diraih bila ingin lolos ke final Piala AFF 2020.

Sejauh ini, kedua pelatih, baik Indonesia maupun Singapura, yakin timnya bakal meraih hasil terbaik di laga besok. Mereka sama-sama optimistis.

Pelatih timnas Singapura Tatsuma Yoshida misalnya. Ia mengatakan, meski persiapan singkat, timnya termotivasi untuk laga besok. Pelatih asal Jepang ini menyebut The Lions sudah tidak sabar beradu laga dan pede bisa meraih hasil bagus.

"Kami tidak sabar untuk melihat apa yang terjadi besok, saya percaya dengan pemain saya dan kami bisa mendapatkan hasil yang bagus," kata Tatsuma dalam konferensi pers jelang laga, Jumat (24/12).

Tatsuma pun berharap hasil maksimal bisa dirah dalam 90 menit waktu normal laga. Ia bahkan tak berpikir soal adu penalti. "Leg pertama kami imbang, tentu bisa saja sampai adu penalti. Namun saya belum berpikir soal adu penalti, saya harap mereka bisa menang dalam 90 menit," kata Tatsuma.

Hal serupa diungkapkan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Shin juga mengaku tidak menyiapkan timnya untuk adu penalti. Pelatih asal Korea Selatan ini ingin skuad Garuda meraih kemenangan atas Singapura pada waktu normal pertandingan.

"Saya tidak memikirkan tentang pertandingan berlanjut ke adu penalti, meski kemungkinan ke itu terjadi ada juga. Tapi tidak boleh sampai adu penalti," tambahnya dalam konferensi pers jelang pertandingan, Jumat.

Indonesia vs Singapura. Sumber: Instagram/AFF Suzuki Cup

Shin mengaku menyayangkan melepas peluang unggul dari Singapura pada leg pertama. Menurutnya Timnas Indonesia bermain bagus pada babak pertama ketika gol Witan tercipta. Namun memasuki babak kedua seperti kehilangan fokus, berakibat bobolnya gawang Nadeo Argawinata oleh Ikhsan Fandi. Skor pun berakhir imbang 1-1.

"Leg pertama memang kami dan Singapura sama-sama bekerja keras, tetapi sangat disayangkan kami raih hasil imbang," kata Shin.

Namun Shin sudah mengidentifikasi kekurangan timnya. Ia pun mempersiapkan tim untuk meraih kemenangan di laga besok.

"Kami tidak bagus di beberapa area jadi kami berusaha untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi pada leg kedua," kata Shin

Sementara pemain timnas Indonesia Ramai Rumakiek mengakui timnya harus memperbaiki mental melawan Singapura. Pasalnya kedua laga sama-sama digelar di Stadion Nasional Singapura. Tentu saja mereka memiliki keunggulan sebagai tuan rumah, baik dari segi pengenalan lapangan dan dukungan suporter.

"Pada leg kedua nanti kami harus memperbaiki mental kami dan siap untuk menghadapi Singapura besok," kata Ramai.

Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Singapura (Semifinal Piala AFF 2020) klik di sini

Sumber: Republika.co.id, PSSI, Suzuki AFF Cup

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image