Jumat 24 Dec 2021 05:02 WIB

Studi Ungkap Bagaimana Bumi dan Mars Terbentuk

Ilmuwan menyebut Bumi dan Mars mungkin terbentuk dari tabrakan batu seukuran Bulan.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa ada kemungkinan Bumi dan Mars terbentuk dari tabrakan antara batu raksasa seukuran bulan, bukan dari gumpalan kerikil yang terakumulasi dari waktu-ke waktu. Penelitian sebelumnya mengatakan bahwa mungkin ada dua cara utama di mana planet berbatu seperti Bumi terbentuk.

Namun, model studi klasik menunjukkan bahwa batu seukuran bulan ke Mars yang dijuluki embrio planet pernah secara teratur dihancurkan bersama di tata surya bagian dalam, akhirnya berkumpul menjadi dunia ukuran penuh.

Baca Juga

Konsep alternatif yang lebih baru membayangkan kerikil kecil dari luar tata surya melayang ke dalam menuju matahari, hingga secara bertahap terakumulasi untuk membentuk planet berbatu seperti Bumi dan Mars. Ini adalah sebuah proses yang dianggap penting untuk pembentukan inti planet raksasa seperti Jupiter dan Saturnus.

Untuk melihat model yang paling berpotensi menjelaskan bagaimana planet-planet berbatu di tata surya terbentuk, para ilmuwan menganalisis total sekitar 0,77 ons (22 gram) material dari 17 meteorit yang berasal dari Mars. 

Batuan tersebut terlempar dari Mars oleh dampak asteroid kuno, akhirnya menemukan jalan mereka ke Bumi. Para peneliti memeriksa bagaimana sampel ini bervariasi dalam komposisi isotopnya. 

Isotop adalah bentuk unsur kimia yang sama yang hanya berbeda dalam jumlah neutron dalam intinya. Misalnya, uranium-234 memiliki 142 neutron di intinya sedangkan uranium-238 memiliki 146 neutron. 

Para ilmuwan membandingkan tingkat isotop titanium, zirkonium dan molibdenum dari Mars dan dari Bumi dengan kelompok meteorit yang berbeda dari tata surya bagian dalam dan luar. Dari sana, mereka menemukan Bumi dan batuan Mars lebih mirip meteroit dari tata surya bagian dalam. Hanya sekitar empat persen komposisi yang menyerupai materi tata surya bagian luar. 

Sejumlah besar meteorit Mars yang mereka analisis membantu mengatasi hasil yang bertentangan dan terlihat pada penelitian sebelumnya yang menganalisis sejumlah kecil batuan ini. Penulis utama studi, Christoph Burkhardt, seorang ilmuwan planet di Universitas Münster di Jerman mengatakan Secara keseluruhan, menyelesaikan interpretasi yang bertentangan dari penelitian sebelumnya dan menunjukkan bahwa Bumi dan Mars terbentuk dari bahan yang sebagian besar berasal dari tata surya bagian dalam. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement