Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Ralf Rangnick Rekrut Asisten Pelatih Baru di Man United

Kamis 23 Dec 2021 21:41 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

 Pelatih Manchester United Ralf Rangnick mengangkat asisten pelatih baru di Old Trafford.

Pelatih Manchester United Ralf Rangnick mengangkat asisten pelatih baru di Old Trafford.

Foto: EPA-EFE/Tim Keeton
Rangnick merekrut analis dan psikolog olahraga untuk Man Utd.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester United (MU) Ralf Rangnick resmi menunjuk Ewan Sharp sebagai asisten pelatih dan analis baru untuk tim. Sharp merupakan rekan Rangnick di Lokomotiv Moskow. Pria asal Skotlandia itu berpengalaman menangani New York Red Bulls dan Toronto FC. 

Dalam laporan Forbes, Kamis (23/12), Sharp sempat meniti karier sebagai pesepak bola non-liga di Skotlandia. Ia lalu pindah ke Amerika Serikat pada 2010 untuk melanjutkan studi di Mercyhurst University Pennsylvania sekaligus bermain sepak bola.

Baca Juga

"Saya sadar tidak akan sukses sebagai pesepak bola, tapi saya tetap ingin bekerja di bidang ini karena sepak bola adalah minat saya," kata Sharp. 

Lima tahun berada di Negeri Paman Sam, Sharp lalu direkrut sebagai staf kepelatihan di New York Red Bulls pada 2015. Namun, kariernya hanya bertahan selama empat bulan karena ia pindah kerja sebagai analis di Northwestern University di Illinois. 

Pada 2017, ia kembali ke New York Red Bules sebagai analis performa tim. Ia baru bertemu Rangnick pada 2019 ketika yang bersangkutan berperan sebagai kepala pengembangan sepak bola di klub itu. 

Ia sempat merapat ke Toronto FC sebelum Rangnick mengajaknya bergabung dengan Lokomotiv Moskow pada November tahun ini. Namun sejak Rangnick melatih MU, Sharp akhirnya direkrut juga untuk menjadi analis sekaligus asisten pelatih. 

Rangnick juga mendatangkan psikolog olahraga Sacha Lense, yang pernah bekerja dengannya di RB Leipzig pada musim 2015-16,

Lense akan menjadi orang pertama yang mengisi peran ini di Old Trafford sejak 2001. “Bagi saya itu hanya masalah logika,” kata Rangnick. “Jika Anda memiliki pelatih khusus untuk penjaga gawang, pendidikan jasmani, untuk striker atau apa pun, Anda juga harus memiliki ahli otak.”

Rangnick telah menyelesaikan transformasi cepat staf pelatih di Old Trafford. Michael Carrick mengundurkan diri sebagai pelatih tim utama pada saat Rangnick tiba. Pekan lalu, pelatih tim utama lainnya Kieran McKenna pergi untuk menjadi manajer baru Ipswich Town.

Satu-satunya pelatih papan atas yang tersisa dari masa Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer adalah mantan pemain United Mike Phelan, yang diberi kontrak baru tahun ini. Rangnick telah mengkonfirmasi bahwa Phelan tidak akan memimpin sesi pelatihan untuknya, tetapi akan menjadi bagian dari staf pelatihnya selama enam bulan ke depan.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA