Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

BI Ungkap Tanda-tanda Pemulihan Ekonomi 

Kamis 23 Dec 2021 20:58 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti. Destry mengatakan, BI melihat sejumlah tanda pemulihan ekonomi nasional.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti. Destry mengatakan, BI melihat sejumlah tanda pemulihan ekonomi nasional.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pemulihan ekonomi tecermin dari bangkitnya kinerja sektor manufaktur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bank Indonesia menyebut perekonomian Indonesia telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Hal ini terlihat dari ekonomi Indonesia tumbuh positif pada kuartal II 2021.

Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti mengatakan, pemulihan perekonomian  juga tecermin dari bangkitnya kinerja sektor manufaktur. Tercatat Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur pada November 2021 berada level 53,9.

Baca Juga

"Saat itu ekonomi Indonesia mampu tumbuh di atas 7,07 persen secara year on year (yoy). PMI juga berada zona ekspansif," ujarnya saat webinar Indonesia-Southern China Business Forum 2021, Kamis (23/12).

Menurutnya tanda-tanda pemulihan ekonomi juga tercermin dari perbaikan kinerja sejumlah sektor andalan. Tercatat konsumsi swasta yang meningkat, kinerja ekspor, serta belanja fiskal pemerintah yang tetap terjaga. Hal tersebut sejalan mobilitas yang terus meningkat, pembukaan ekonomi yang semakin luas, serta stimulus kebijakan yang berlanjut.

"Bahkan, kasus positif Covid-19 harian saat ini berada di bawah 300," kata Destry.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA