Kamis 23 Dec 2021 19:19 WIB

Brand Awareness Lembaga Zakat Dinilai Semakin Baik

Lembaga zakat semakin diperhitungkan oleh berbagai pihak dan kelompok masyarakat.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Pengamat Ekonomi Syariah, Yusuf Wibisono, menilai bahwa brand awareness lembaga zakat semakin baik. Sehingga di tahun kedua pandemi Covid-19 ini, mereka mengalami peningkatan penghimpunan dana zakat meski tidak signifikan.

Yusuf mengatakan, di tahun 2021 atau tahun kedua pandemi Covid-19, peran dari lembaga zakat terlihat semakin menonjol. Lembaga zakat semakin diperhitungkan oleh berbagai pihak dan kelompok masyarakat.

Baca Juga

"Berbagai komponen bangsa semakin mengakui peran penting dari lembaga zakat dalam hal konteks kesejahteraan sosial," kata Yusuf kepada Republika, Kamis (23/12).

Menurut Direktur Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS) ini, dulu peran lembaga zakat sering menonjol hanya pada saat bencana alam terjadi. Meski program lembaga zakat banyak dan berkelanjutan. Namun, di masa pandemi ini, peran lembaga zakat semakin meningkat di mata publik.

Ia menceritakan, di masa pandemi ini, kondisi perekonomian masih terus mengalami tekanan yang berat. DI saat yang sama bantuan sosial dari pemerintah tidak optimal, karena banyak kendala mulai dari database yang terus bermasalah sampai dengan korupsi bantuan sosial.

"Kita melihat peran dari lembaga zakat untuk merespon permasalahan-permasalahan di tingkat bawah nyata, (peran lembaga zakat) terlihat sangat dibutuhkan masyarakat," ujar Yusuf.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement