Kamis 23 Dec 2021 14:20 WIB

Tak Hanya Menghibur, Mbah Minto Beri Pesan Positif ke Masyarakat

Narasi dan pesannya juga dapat dan disampaikan dengan gaya yang kekinian.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Mbah Minto dikabarkan meninggal pada Rabu (22/12) pukul 21.00 WIB di usia 85 tahun.
Foto: Tangkapan Layar Youtube/ Ucup Klaten
Mbah Minto dikabarkan meninggal pada Rabu (22/12) pukul 21.00 WIB di usia 85 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Perhatian atas wafatnya Mbah Minto (85 tahun) tidak hanya diungkapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melalui akun media sosialnya saja. Namun juga saat ditemui di sela kesibukannya. Saat dikonfirmasi mengenai kabar duka tersebut, Ganjar menyampaikan rasa duka mendalam atas meninggalnya Mbah Minto Klaten.

Maka, ia pun mendoakan, sosok yang kemudian terkenal dan viral dengan parodi-parodi lucu namun sarat  makna di chanel Youtube Ucup Klaten tersebut juga berpulang dalam keadaan husnul khotimah. “Kita turut berduka, atas meninggalnya Mbah Minto, mudah-mudahan beliau husnul khotimah dan diampunkan segala dosanya,” tambah Ganjar, Kamis (23/12).

Mbah Minto, lanjutnya, merupakan sosok yang sangat menginspirasi semua orang. Dengan gaya lugu dan lucunya, pemilik nama lengkap Minto Suwito Siyam itu bisa menghibur dan membuat orang bahagia. Yang membuatnya lebih terkesan, Mbah Minto tidak hanya sekadar menghibur, tetapi sekaligus bisa memberikan pesan-pesan posittif kepada masyarakat.

Ia juga mengakui, kolaborasi antara Mbah Minto dan Ucup Klaten mampu memberi inspirasi pada yang lain. Khususnya tentang bagaimana cara berkomunikasi kepada publik yang baik, dengan membawa pesan-pesan yang baik pula.

Menurutnya, Mbah Minto bisa memberikan inspirasi pada yang lain, begini cara komunikasi ke publik yang baik. Narasi dan pesannya juga dapat dan disampaikan dengan gaya yang kekinian.

“Dan ternyata itu tidak harus oleh kaum muda, bahkan orang senior selugu Mbah Minto bisa memberikan inspirasi pada banyak orang. Termasuk pada saya,” tegasnya.

Mbah Minto merupakan nenek berusia 85 tahun asal Dusun Selorejo, Desa Krakitan Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Nama Mbah Minto mulai terkenal saat ia muncul dalam konten Youtube dagelan gagal mudik yang digarap Ucup Klaten.

Sejak video gagal mudik itu viral, Mbah Minto jadi terkenal. Tak beberapa lama kemudian, banyak video hasil karya Mbah Minto yang selalu mengundang perhatian publik karena karakternya yang polos.

Ganjar juga mengaku, kenangan tersendiri dengan sosok Mbah Minto. Yakni saat menelepon Mbah Minto usai video minta THR viral. Saat itu ia juga memberikan THR kepada Mbah Minto sebesar Rp 1 juta. “Sekali lagi saya mendoakan agar beliau husnul khotimah,” kata Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement