Kamis 23 Dec 2021 14:22 WIB

Biaya Logistik Global Diproyeksi Tetap Tinggi karena Perbaikan Lingkungan

Sektor perkapalan menyumbang sekitar 3 persen dari emisi CO2.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Truk mengantre di Pelabuhan Oakland, California, Rabu (10/11).
Foto: AP Photo/Noah Berger
Truk mengantre di Pelabuhan Oakland, California, Rabu (10/11).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Biaya angkutan laut kemungkinan akan tetap tinggi pada 2022 karena investor dan regulator berjuang untuk mempercepat dekarbonisasi industri perkapalan. Di saat yang bersamaan, para perusahaan logistik bergulat dengan pembiayaan hijau.

Sektor perkapalan yang mengangkut sekitar 90 persen dari perdagangan dunia dan menyumbang hampir 3 persen dari emisi CO2 dunia berada di bawah tekanan yang semakin besar dari para pecinta lingkungan untuk memberikan tindakan yang lebih nyata termasuk retribusi karbon.

Baca Juga

Organisasi Maritim Internasional (IMO), badan pelayaran khusus PBB, mengatakan telah membuat kemajuan dalam langkah-langkah pengurangan gas rumah kaca (GRK) jangka pendek. Namun waktu itu tidak dianggap cukup cepat oleh para pemerhati lingkungan dan sejumlah 175 negara anggota IMO.

Pada pertemuan MEPC (komite IMO) disebut bahwa pada bulan Juni tahun depan akan ada banyak tekanan pada regulator untuk memastikan bahwa mereka siap untuk menegosiasikan solusi daripada menendang kaleng di jalan karena misalignment atau taktik negosiasi.

"Ini benar-benar tidak dapat diterima," kata Christian Michael Ingerslev, kepala eksekutif Maersk Tankers dikutip dari Reuters, Kamis (23/12).

Bulan lalu negara-negara termasuk Amerika Serikat pada KTT iklim COP 26 mendorong IMO untuk mengadopsi target nol emisi pada tahun 2050.

Sejauh ini, tujuannya adalah untuk mengurangi emisi GRK keseluruhan dari kapal hingga 50 persen dari tingkat tahun 2008 pada tahun 2050.

"Sejauh menyangkut IMO, proses negosiasi pada 2022 kemungkinan akan sangat lambat dan berat," kata Faig Abbasov dari kelompok hijau Transport & Environment.

"Masalahnya terletak pada keyakinan bahwa organisasi PBB dengan 175 anggota dapat berkumpul dan mengambil keputusan sulit untuk menghilangkan karbon di seluruh sektor ekonomi," katanya memambahkan. 

IMO mengatakan kemajuan nyata dibuat pada tahun 2021 dalam memerangi perubahan iklim termasuk peraturan baru untuk meningkatkan efisiensi energi armada dunia, menambahkan bahwa itu akan bekerja sangat keras tahun depan pada pengembangan strategi GRK yang direvisi, yang akan diselesaikan pada tahun 2023.

"Di mana ini adalah kemauan untuk bertindak, maka proses dapat bergerak lebih cepat," kata Roel Hoenders, kepala, polusi udara dan efisiensi energi dengan IMO.

Proposal yang diajukan di IMO untuk menciptakan dana penelitian dan pengembangan senilai 5 miliar dolar AS untuk menemukan teknologi yang tepat guna memenuhi target masih dalam pembahasan dengan pembicaraan lebih lanjut akan dimulai tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement