Kamis 23 Dec 2021 13:19 WIB

Ajudan Senior Senat Meksiko Diduga Terlibat Pembunuhan

Rene Tovar yang merupakan kandidat wali kota di Veracruz, tewas ditembak.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Police Line
Foto: [ist]
Police Line

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Asisten senior Senat Meksiko ditangkap karena dicurigai terlibat dalam pembunuhan seorang kandidat wali kota yang bersaing dalam pemilihan pada Juni tahun ini. Jaksa di Veracruz mengatakan, sekretaris teknis badan kepemimpinan Senat yang mengawasi agenda parlemen, Jose Manuel del Rio Virgen, ditangkap karena dicurigai terlibat dalam kematian seorang kandidat dari partai oposisi Citizens Movement (MC).

Pemimpin Senat dari National Regeneration Movement (MORENA), Ricardo Monreal, mengatakan, tuduhan yang dilayangkan terhadap del Rio Virgen tidak benar. Dalam sebuah pidato, Monreal membela del Rio Virgen dan mengecam pihak berwenang di Veracruz.  “Kami yakin dia akan mengatasi tindakan ilegal terhadap dirinya di negara bagian itu,” kata Monreal.

Baca Juga

Del Rio Virgen tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Namun dia mengunggah kicauan ulang video pembelaan Monreal terhadap dirinya.

Insiden itu memperlihatkan keretakan di partai yang berkuasa. Gubernur Veracruz, Cuitlahuac Garcia membantah penangkapan itu bermotif politik. Dia mengatakan, kantor jaksa agung negara bagian bertindak secara independen dalam mengejar kasus tersebut.

Menurut otoritas negara bagian, politisi MC, Rene Tovar yang merupakan kandidat wali kota di Veracruz, tewas setelah ditembak oleh penyerang dua hari sebelum pemilihan pada 6 Juni lalu.

Terduga pelaku yaitu del Rio Virgen, merupakan mantan anggota kongres federal dan anggota MC. Pimpinan partai MC mengutuk penangkapan del Rio Virgen, dan menyerukan agar dia segera dibebaskan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement