Kamis 23 Dec 2021 09:43 WIB

Gaikindo Yakin Penjualan Mobil Capai Target

Diskon pajak mendongkrak penjualan mobil.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Pramuniaga menjelaskan fitur mobil kepada konsumen di diler Toyota Auto2000, Malang, Jawa Timur. Tahun ini diyakini jadi momentum pemulihan pasar otomotif.
Foto:

Penjualan terbesar untuk Honda pada bulan November kembali datang dari Honda Brio dan Honda City Hatchback RS. Sepanjang bulan November lalu, Honda Brio berhasil membukukan penjualan sebanyak 2.573 unit, dengan Brio Satya sebanyak 1.982 unit, dan Brio RS sebanyak 591 unit.

Sementara itu, untuk tetap mempertahankan permintaan konsumen, pada bulan Desember 2021, Honda kembali menawarkan program penjualan bertajuk “Honda Joyful Deals”. Menurutnya, lewat program ini para konsumen bisa mendapatkan beragam keuntungan mulai dari additional value hingga bebas biaya perawatan.

Selain Honda, Toyota juga merasa yakin target dari Gaikindo itu bisa tercapai. Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, capaian wholesase Toyota sepanjang Januari hingga November berada pada level 263 ribu unit.

"Artinya Toyota mengalami peningkatan sekitar 85 persen dan berhasil membukukan market share sebesar 33,3 persen. Dengan capaian ini, semoga terget penjualan nasional sebesar 850 ribu bisa tercapai," kata Anton dalam Toyota Media Gathering yang digerlar secara virtual, Selasa (21/12).

Ia menilai, diskon pajak merupakan salah satu instrumen penting dalam mencapai target tersebut. Hal ini dibuktikan dari peningkatan penjualan pada beberapa produk seperti Avaza, Veloz dan Rush.

"Diskon pajak membuat penjualan Avanza dan Veloz naik hingga 80 persen. Sedangkan Rush naik 90 persen. Hal ini pun membuat Avanza dan Rush jadi produk Toyota yang terlaris bersama dengan produk lainya seperti Innova dan Raize," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Vice President Director TAM, Henry Tanoto juga menekankan bahwa peningkatan penjualan tak hanya didorong oleh penerapan PPnBM DTP. "Peningkatan ini juga didukung oleh sejumlah pameran seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang sukses digelar tahun ini," kata Henry.

Selain itu, lanjutnya, Toyota juga berperan dalam mendongkrak market lewat sejumlah inovasi layanan dan inovasi produk. Hal itu dibuktikan dengan adanya 14 produk baru yang diluncurkan Toyota sepanjang tahun ini.

Soal kondisi pasar otomotif nasional pada Januari hingga November 2021 yang sudah berada dalam level 790 ribu unit, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan hal itu merupakan indikator yang menunjukan bahwa industri otomotif nasional mengalami peningkatan yang signifikan.

"Catatan itu menunjukan industri otomotif mengalami pertumbuhan sebesar 66 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," kata Nangoi.

 

Menurutnya, capaian itu juga ditunjang oleh beberapa hal seperti diskon pajak dan kondisi pandemi yang terus ditekan sehingga roda perekonomian bisa terus bergerak. Hal itulah yang kemudian membuat Gaikindo merasa percaya diri untuk melakukan revisi target dari 750 ribu unit menjadi 850 ribu unit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement