Thursday, 18 Rajab 1444 / 09 February 2023

Pemkot Malang Resmikan Pojok Baca Digital dan Perpustakaan Keliling

Kamis 23 Dec 2021 01:41 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah

Petugas menata buku koleksi motor perpustakaan keliling (ilustrasi)

Petugas menata buku koleksi motor perpustakaan keliling (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Perpustakaan keliling ini salah satu cara menguatkan budaya gemar membaca.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang meresmikan Pojok Baca Digital (Pocadi) dan armada Perpustakaan Keliling dari Perpusnas RI. Peresmian ini merupakan salah satu cara menguatkan budaya gemar membaca guna membangun serta meningkatkan kemampuan literasi masyarakat.

“Saya berikan apresiasi, itu karena dari Pemerintah Pusat melihat bahwa perlu adanya peningkatan sarana prasarana untuk meningkatkan daya minat baca masyarakat Kota Malang,” ungkap Wali Kota Malang, Sutiaji.

Baca Juga

Pocadi merupakan sebuah inovasi yang hadir sebagai tempat membaca yang menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-book) berkualitas. Buku-buku ini berasal dari lokal server maupun konten aplikasi iPusnas milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Selain itu, armada Perpustakaan Keliling juga hadir dengan berbagai kelengkapan fasilitasnya yang memudahkan masyarakat untuk mendapat pelayanan perpustakaan di berbagai tempat.

Dengan adanya fasilitas ini, Sutiaji mengajak masyarakat untuk gemar membaca mengingat masih rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Berdasarkan survei yang lakukan Program for International Student Assessment (PISA), literasi di Indonesia masih 0,001 persen. Kondisi ini menjadi keharusan seluruh masyarakat untuk meningkatkn literasi di Indonesia.

Sementara itu, Sutiaji menilai, literasi Kota Malang termasuk yang tertinggi di Jawa Timur. Namun indeks capaian itu masih jauh dari harapan sehingga harus tingkatkan terus menerus. "Ini juga berseiring dengan RPJMD kita (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” ucapnya.

Sutiaji akan mendorong tumbuhnya minat baca masyarakat dengan memanfaatkan daya tarik fasilitas ruang terbuka hijau di Kota Malang. Seperti diketahui, Kota Malang mempunyai banyak taman yang nantinya dapat diengkapi dengan pojok-pojok baca sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Informasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Mei Endah Iriani, menyatakan apresiasi kepada Pemkot Malang yang telah mendorong pemberdayaan gemar membaca sehingga lahir inovasi-inovasi kreatif yang memudahkan masyarakat. Capaian ini diharapkan menjadi semangat untuk meningkatkan dan mengembangkan pembudayaan gemar membaca bagi masyarakat.

Sementara itu, Plt Kepala Dispussipda Kota Malang, Suwarjana, menyatakan bahwa hadirnya Pocadi dan Mobil Perpustakaan Keliling ini sebagai bentuk perhatian dari Perpusnas. “Tujuannya, penyediaan sarana baca digital oleh Pemerintah Kota Malang, ini dalam rangka pembudayaan gemar membaca,” jelasnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA