Rabu 22 Dec 2021 22:19 WIB

Ibu yang Bahagia Investasi Terbesar Sebuah Keluarga

Ibu yang bahagia menjadi salah satu kunci penting keberhasilan membina keluarga.

Ibu yang bahagia menjadi salah satu kunci penting keberhasilan membina keluarga (Foto: kasih sayang ibu dan anak)
Foto: PickPik
Ibu yang bahagia menjadi salah satu kunci penting keberhasilan membina keluarga (Foto: kasih sayang ibu dan anak)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Dokter spesialis kedokteran jiwa dr. Prima Kusumastuti, SpKJ, mengingatkan bahwa kebahagiaan seorang ibu menjadi investasi terbesar suatu keluarga. "Salah satu kunci penting dari keberhasilan membina keluarga adalah ibu yang bahagia," katanya, Rabu (22/12).

Psikiater yang praktik di RSUD Blora, Jawa Tengah ini, menjelaskan bahwa yang bahagia akan menghasilkan pola asuh yang baik bagi anak. Hal ini akan menciptakan keturunan yang memiliki karakter kuat dan mampu bersaing.

Baca Juga

"Karena itu, ibu yang bahagia sangatlah penting dalam mendukung pola pengasuhan anak. Sementara itu, kebahagiaan seorang ibu bergantung dari pemenuhan kebutuhan biologis dan psikologis," katanya.

Dia menambahkan, saat ini hal yang kurang menjadi perhatian adalah kebutuhan psikologis ibu, terutama kebutuhan akan harga diri dan aktualisasi diri. "Ibu butuh diapresiasi dan diberi ruang untuk berkembang sesuai kemampuannya. Itulah mengapa seringkali ibu yang berhenti berkarier dan memilih menjadi ibu rumah tangga justru rentan terjadi gangguan psikologis," katanya.

Hal tersebut, kata dia, dikarenakan seorang ibu kesulitan untuk mendapatkan apresiasi dan kesempatan aktualisasi diri setelah menjadi ibu yang tidak bekerja secara formal. Apapun pilihan hidup dan pekerjaannya, seorang ibu butuh dihargai dan diberi ruang untuk bertumbuh. 

"Ibu yang bebas bertumbuh dan berkembang akan memberi suasana yang positif bagi keluarga sehingga tercipta keharmonisan bagi lingkungannya," katanya.

Dia mengatakan, peringatan Hari Ibu setiap 22 Desember menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan sosialisasi dan kampanye terkait dengan pentingnya kesehatan mental seorang ibu. "Ini momentum yang tepat juga untuk memastikan ibu merasa bahagia dan bisa menularkan kebahagiaannya kepada keluarga khususnya anak-anaknya," katanya.

Dengan demikian, kata dia, kondisi psikologis dan fisik ibu akan makin mendukung pola asuh yang optimal demi tumbuh kembang anak-anaknya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement