Rabu 22 Dec 2021 20:33 WIB

Babak Pertama Semifinal Piala AFF 2020, Indonesia Unggul 1-0 Atas Singapura

Gol timnas Indonesia ke gawang Singapura di babak pertama dicetak Witan Sulaeman.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pemain timnas Indonesia Witan Sulaeman (kedua kanan) saat sedang membawa bola.
Foto: DOK PSSI
Pemain timnas Indonesia Witan Sulaeman (kedua kanan) saat sedang membawa bola.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Tim nasional (timnas) Indonesia berhasil unggul dari tim tuan rumah Singapura dengan skor 1-0. Gol tunggal Witan Sulaeman tercipta di babak pertama leg pertama semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12) malam.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kembali melakukan rotasi di lini depan skuadnya. Kali ini Shin memainkan Dedik Setiawan sebagai penyerang tunggal dan kembali menerapkan tiga bek tengah.

Baca Juga

Pelatih timnas Singapura, Tatsuma Yoshida, justru mengubah lini tengahnya. Pelatih asal Jepang ini mempercayakan Song Ulyoung untuk mengganggu pertahanan Indonesia.

Singapura memulai dengan menekan lini pertahanan Indonesia. Sementara, skuad Garuda kembali bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Menit 10, Indonesia mendapatkan peluang pertama dari tendangan pojok meski bola masih belum mengancam gawang kiper Hassan Sunny. Singapura kembali menekan pertahanan Indonesia dari tendangan Ikhsan Fandi yang masih terkena jaring luar gawang Nadeo Argawinata.

Menit 22, Nadeo berhasil menghalau tendangan bebas yang dieksekusi oleh Saifuwan dari luar kotak penalti. Bola yang menjadi tendangan pojok bagi Singapura pun berhasil dibuang begitu saja dan menjadi serangan balik bagi skuad Garuda.

Indonesia mendapat hadiah tendangan bebas yang dieksekusi oleh Dewangga yang bolanya tertahan pagar betis lawan.

Umpan Asnawi Mangkualam berhasil menjadi gol setelah dieksekusi dengan manis lewat kaki kiri Witan Sulaeman yang tak terjangkau Hassan. Skor 1-0 atas keunggulan Indonesia di menit 28.  

Menit 36, Singapura kembali mendapatkan tendangan bebas setelah Pratama Arhan melanggar pemain lawan lawab. Pertahanan solid Indonesia membuat keadaan berbalik dari serangan balik dengan peluang emas yang didapat Witan. Namun, tendangan Witan masih menyamping dari gawang Singapura.

Tidak banyak serangan dari kedua tim di lima menit terakhir babak pertama. Wasit memberikan waktu tambahan tiga menit untuk menutup babak pertama. Skor 1-0 berakhir atas keunggulan sementara Indonesia atas Singapura.

Daftar Susunan Pemain:

Singapura:

Hassan Sunny; Nazrul Nazari, Irfan Fandi, Saifuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah; Shahdan Sulaiman, Hariss Haris, Song Ulyoung, Zulfahmi Arifin; Ikhsan Fandi, dan Faris Ramli.

Indonesia:

Nadeo Argawinata; Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; dan Dedik Setiawan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement