Rabu 22 Dec 2021 06:30 WIB

Susu Nikmat Dijadikan Kuah Soto, Bisa Juga untuk Bikin Bircher Muesli

Susu dapat menjadi pilihan bahan makanan yang nikmat dan menyehatkan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Semangkuk muesli dengan susu dan buah segar untuk sarapan (ilustrasi). Susu adalah pilihan yang baik untuk sarapan.
Semangkuk muesli dengan susu dan buah segar untuk sarapan (ilustrasi). Susu adalah pilihan yang baik untuk sarapan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susu tak hanya bisa dinikmati sebagai minuman. Susu juga dapat menjadi pilihan bahan makanan yang nikmat dan menyehatkan.

Soto betawi yang kuahnya secara tradisional menggunakan santan bisa diganti dengan susu. Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof Dr Ir Ali Khomsan, menjelaskan, substitusi tersebut tidak terlalu mengubah cita rasa.

Baca Juga

"Itu nggak masalah, karena rasa gurihnya hampir sama dengan santan," kata Prof Ali saat dihubungi Republika.co.id.

Susu, khususnya susu fresh, adalah pilihan yang baik untuk sarapan. Chef Stefu Santoso menyebut, bircher muesli cocok untuk makan pagi.

"Bircher muesli itu kombinasi oat, susu, madu, irisan apel, kismis yang diaduk semua," kata chef Stefu saat dihubungi Republika.co.id.

Menurut chef Stefu, nama makanan ini berasal dari nama seorang dokter asal Swiss, Bircher, yang percaya pada gaya hidup sehat. Untuk membuatnya, oatmeal perlu direndam semalaman dalam susu atau yoghurt.

"Rendam oat semalaman bersama dengan kismis dan buah-buahan segar, seperti pisang, apel, dan anggur, lalu ditambah beberapa irisan almond," ujar chef Stefu.

Kombinasi rasanya ada manis, dingin dan hangat pada saat bersamaan. Bircher muesli bisa dinikmati sepanjang tahun karena rasanya menyegarkan dan tidak perlu dimasak atau dipanaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement