Selasa 21 Dec 2021 21:58 WIB

Charta Politika: Ganjar Ungguli Pemilih Anies di Enam Wilayah

Pemilih Joko Widodo paling banyak memberikan suara kepada Ganjar Pranowo.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Indira Rezkisari
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Survei Charta Politika menunjukkan Ganjar Pranowo di enam wilayah Indonesia jika Pilpres 2024 digelar.
Foto: Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Survei Charta Politika menunjukkan Ganjar Pranowo di enam wilayah Indonesia jika Pilpres 2024 digelar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei pemilih yang dilakukan lembaga survei Charta Politika menunjukkan Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, unggul di empat wilayah yaitu Jawa Tengah, DIY, Jatim, Bali, NTT dan NTB sebagai calon presiden (capres) jika Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 jika digelar hari ini. Dalam situasi tersebut Ganjar mengalahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Di Jawa Tengah dan DIY, Ganjar memperoleh 63,5 persen. Sementara di Jawa Timur, Ganjar memperoleh 33,7 persen, dan di Bali, NTT, serta NTB, Gubernur Jateng itu memperoleh 50 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, lewat keterangannya, Selasa (21/12).

Baca Juga

Yunarto menyebutkan, pemilih Joko Widodo paling banyak memberikan suara kepada Ganjar Pranowo. Terutama, di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, juga NTT. Menurut Yunarto, Ganjar merupakan sosok gubernur yang sudah melampaui basis suara tempat berkuasa.

"Kalau dibedah secara regional, basis responden data daerah dengan pilihan capres bisa dianalisis dengan pemilu sebelumnya. Anies Baswedan kuat di daerah Sumatra, DKI Jakarta dan Banten, Kalimantan, dan Prabowo Subianto menguasai daerah Jawa Barat, Sulawesi, Maluku, dan Papua," kata dia.

Di wilayah Jawa Barat, kata Yunarto, Ganjar juga lebih unggul dibandingkan Anies. Sebab, Ganjar memperoleh suara sebanyak 17,1 persen, sedangkan Anies hanya 14,3 persen di sana. Sementara Prabowo memperoleh 32,4 persen pemilih di Jawa Barat.

"Ada beberapa nama tapi cukup mendominasi seperti Ridwan kamil mendapatkan angka 23,8 persen di Jawa Barat bersaing dengan Pak Prabowo dan Sandiaga Uno yang mendapatkan angka besar di Kalimantan dan Sulawesi," tutur dia

Survei tersebut dilakukan pada 29 November-6 Desember 2021 secara acak menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia dan memiliki margin of error 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement