Selasa 21 Dec 2021 19:21 WIB

Cristiano Ronaldo Terlibat Galang Dana Bantu Korban Erupsi Gunung Berapi

Ini bukan pertama kalinya Ronaldo terlibat dalam aksi amal dan kemanusiaan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang Manchester United dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Bintang Manchester United dan timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, terlibat dalam aksi penggalangan dana untuk membantu korban letusan gunung berapi di Pulau La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol. Jersey timnas Portugal milik pengoleksi lima gelar Ballon d'Or, lengkap dengan tanda tangan Ronaldo, akan dilelang sebagai bagian penggalangan donasi untuk korban erupsi gunung berapi di La Palma.

Pulau La Palma merupakan salah satu pulau di gugusan kepulauan Canary, yang terletak di lepas pantai Spanyol. Pada September 2021, Pulau La Palma diguncang oleh letusan gunung berapi yang berada di sekitar kawasan Cumbre Vieja.

Baca Juga

Selain berdampak pada penundaan sejumlah penerbangan, letusan gunung berapi itu juga memaksa ribuan orang untuk mengungsi. Hingga kini, otoritas setempat masih berusaha melakukan rehabilitasi berbagai bangunan publik. Selain itu, ribuan orang diketahui masih berada di posko pengungsian.

Ronaldo pun terlibat dalam sebuah program penggalangan dana bantuan untuk para korban erupsi gunung berapi terbesar di La Palma sejak 1971 tersebut. Ronaldo akan melelang salah satu jersey timnas Portugal miliknya, lengkap dengan tanda tangan di sebelah nomor punggungnya.

Selain itu, mantan bintang Real Madrid itu juga membubuhkan pesan kepada para korban erupsi gunung berapi di La Palma tersebut.

''Bahkan, letusan gunung berapi sekalipun tidak akan bisa mematahkan semangat warga La Palma. Semua dukungan saya kepada warga di pulau yang indah tersebut,'' tulis Ronaldo di jerseynya tersebut seperti dilansir Marca, Selasa (21/12).

Nantinya, proses pelelangan jersey milik Ronaldo itu akan dimulai bertepatan dengan malam natal, Jumat (24/12) waktu setempat. ''Ronaldo berharap, lelang ini bisa membantu warga yang masih belum memiliki tempat tinggal akibat erupsi gunung berapi pada September 2021 lalu,'' lanjut laporan Marca tersebut.

Ini bukan pertama kalinya pemain berusia 36 tahun itu terlibat dalam aksi amal dan kemanusiaan. Pada awal pandemi Covid-19, 2020 lalu, Ronaldo menyumbang sekitar 900 ribu euro untuk masing-masing tiga rumah sakit di Portugal.

Sementara saat masih membela Juventus, Ronaldo memimpin rekan-rekan setimnya untuk menerima pemangkasan gaji guna membantu penangangan Covid-19. Kabarnya, dari aksi Ronaldo dan para penggawa timnas Juventus tersebut, dana yang terkumpul mencapai 4,4 juta euro.

Tidak hanya itu, Ronaldo, yang merupakan duta besar UNICEF, Save The Children, dan World Vision, juga mendorong rekan-rekan setimnya di timnas Portugal untuk mendonasikan 50 persen dari bonus keberhasilan lolos babak kualifikasi Euro 2020 ke otoritas kesehatan Portugal guna penanganan Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement