Selasa 21 Dec 2021 15:11 WIB

Eks Bintang MU Park Ji-sung Bergabung ke Tim Pelatih QPR U-16

Ji-sung gabung QPR U-16 sebagai tahapan untuk mendapatkan lisensi pelatih B UEFA.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Mantan pemain Manchester United (MU) Park Ji sung bergabung dengan tim pelatih QPR U16 untuk mendapatkan lisensi pelatih B UEFA.
Foto: EPA/PETER POWELL
Mantan pemain Manchester United (MU) Park Ji sung bergabung dengan tim pelatih QPR U16 untuk mendapatkan lisensi pelatih B UEFA.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain Manchester United (MU), Park Ji-sung resmi bergabung dengan tim kepelatihan Queen's Park Rangers (QPR) untuk menukangi tim U-16. Ji-sung yang juga sempat berseragam QPR selepas membela MU, berada di bawah pengawasan Kepala Pelatih Chris Ramsey sebagai salah satu tahap mendapatkan lisensi B pelatih sepak bola. 

"Pernah membela QPR membuat saya sangat tertarik untuk melihat pengembangan pemain muda mereka. Saya sudah banyak belajar sebagai pemain dan kini pelatih," katanya seperti dilansir Korea Joong Ang Daily, Selasa (21/12). 

Baca Juga

Ji-sung merupakan pemain Korea Selatan pertama yang merumput di Liga Primer Inggris ketika direkrut MU pada 2005 lalu. Setelah tujuh tahun merumput di Old Trafford, ia memutuskan pindah ke QPR selama satu musim. 

Selepas itu, dirinya sempat dipinjamkan ke klub lain karena QPR terdegradasi ke divisi kedua. Setahun kemudian, Ji-sung memutuskan pensiun dari sepak bola profesional. 

Sejak saat itu, Ji-sung mendapat kepercayaan menjadi duta di MU untuk mengembangkan sepak bola di negaranya. Ia pun sempat menjabat sebagai penasihat klub K-League 1, Jeonbuk Hyundai Motors. 

Lisensi B UEFA adalah lencana kepelatihan level kedua yang memungkinkan seseorang menangani tim muda hingga tim senior amatir, atau sebagai asisten pelatih di klub profesional. 

Setahun setelah memegang Lisensi B, pelatih bisa mendapatkan Lisensi A sehingga biisa mengarsiteki tim muda, tim cadangan profesional, atau tim di divisi kedua. 

Selepas Lisensi A, ada Pro License yang merupakan level tertinggi dari sertifikasi pelatih sepak bola di Eropa. Ini membuat seorang pelatih dapat menangani klub profesional tingkat tinggi secara permanen. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement