Selasa 21 Dec 2021 11:46 WIB

Shin Minta Timnas Indonesia Anggap Semifinal Pertama Layaknya Final Piala AFF

Timnas Indonesia bertemu tuan rumah Piala AFF Singapura pada semifinal dua leg.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Israr Itah
Para pemain timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (ilustrasi). Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura pada leg pertama semifinal Rabu (22/12).
Foto: DOK PSSI
Para pemain timnas Indonesia di Piala AFF 2020 (ilustrasi). Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura pada leg pertama semifinal Rabu (22/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Tim nasional Indonesia akan menghadapi tuan rumah Piala AFF 2020, Singapura, di babak semifinal. Kedua tim akan bertemu di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (22/12), pada leg pertama.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, pertandingan babak semifinal tentu berbeda dibandingkan penyisihan grup. Meski semifinal berlangsung dua leg, dia meminta para pemainnya menatap laga ini layaknya final.

Baca Juga

"Kami pernah membahas ini dengan tim. Pertandingan pertama dan kedua (di babak penyisihan) sebagai conditioning dan meningkatkan penampilan pemain," kata Shin dalam konferensi pers jelang laga. 

Indonesia meraih sepuluh poin dari empat laga penyisihan. Setelah menaklukkan Kamboja dan Laos di dua laga perdana, Indonesia menahan imbang Vietnam dan menutup fase grup dengan mengalahkan Malaysia.

"Mulai pertandingan ketiga melawan Vietnam, kemarin lawan Malaysia dan akhirnya kita semifinal bahkan hingga ke final kami harus anggap laga ini sebagai final," kata Shin.

Shin mengatakan, motivasi tersebut membawa semangat tersendiri bagi tim. Motivasi itu juga yang membuat Indonesia menyelesaikan babak penyisihan sebagai juara Grup B.

"Ini jadi motivasi bagi pemain muda untuk terus kerja maksimal di setiap pertandingan," kata Shin.

Sementara melawan Singapura tentu berbeda dibandingkan lawan lainnya. Dia mengakui status Singapura sebagai tuan rumah menambah kekuatan tersendiri bagi lawan.

"Tentu Singapura berbeda karena punya keunggulan sebagai tuan rumah. Jadi kami harus bermain lebih baik lagi untuk mendapatkan prestasi lebih baik dibanding laga lainnya," kata Shin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement