Selasa 21 Dec 2021 09:34 WIB

China Pangkas Suku Bunga Acuan Pertama Kalinya Sejak Pandemi 

Penurunan suku bunga bertujuan untuk menopang pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolandha
Seorang ibu dan anaknya melintasi jalanan di Beijing. China untuk pertama kali menurunkan suku bunga untuk menopang ekonomi.
Foto: AP Photo/Andy Wong
Seorang ibu dan anaknya melintasi jalanan di Beijing. China untuk pertama kali menurunkan suku bunga untuk menopang ekonomi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah China memangkas suku bunga kredit satu tahun (LPR) pertama kalinya dalam 20 bulan. Adapun upaya ini untuk menopang pertumbuhan dalam ekonomi yang melambat, meskipun tetap waspada terhadap pelonggaran kondisi di pasar properti negara yang sangat leverage.

Seperti dilansir Reuters, LPR satu tahun diturunkan lima basis poin menjadi 3,80 persen dari sebelumnya 3,85 persen, sedangkan LPR lima tahun tetap 4,65 persen.

Baca Juga

Adapun pengurangan tersebut menandai pemotongan LPR pertama sejak April 2020. Tercatat 29 dari 40 investor dan ekonom memperkirakan penurunan LPR. Sebagian besar pinjaman baru dan terutang di China didasarkan pada LPR satu tahun sementara tingkat lima tahun mempengaruhi harga hipotek rumah.

"Pemotongan itu memperkuat pandangan kami bahwa pihak berwenang semakin terbuka untuk memangkas suku bunga di tengah tantangan ekonomi yang membayangi," kata Ahli strategi senior China di ANZ, Xing Zhaopeng.

Namun, dia mencatat keputusan untuk mempertahankan suku bunga lima tahun tidak berubah menunjukkan Beijing lebih suka tidak menggunakan sektor properti untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.

Beberapa analis mengatakan dua pemotongan rasio persyaratan cadangan (RRR) bank sentral tahun ini telah memungkinkan lembaga untuk menurunkan biaya pinjaman mereka, dengan dua pemotongan tabungan bank hingga 28 miliar yuan atau 4,39 miliar dolar AS), menurut perkiraan Goldman Sachs.

Sementara langkah Beijing untuk menurunkan LPR secara luas diharapkan, itu menyoroti perbedaan kebijakan moneter China dari bank sentral utama lainnya, yang akan menaikkan suku bunga.

Beberapa analis memperkirakan Beijing dapat melakukan pelonggaran lebih lanjut untuk menahan perlambatan ekonomi, meskipun mereka tetap terbagi atas lintasan pelonggaran.

Sejumlah indikator ekonomi baru-baru ini, termasuk penjualan ritel dan pertumbuhan investasi, menunjukkan ekonomi yang melambat. Sementara pembatasan peraturan pada sektor teknologi telah meredam sentimen investor. Pembatasan baru untuk memerangi peningkatan kasus Covid-19 dapat semakin menekan pertumbuhan.

"Kami mengharapkan pemotongan 45 bp lebih lanjut untuk LPR satu tahun selama 2022," kata Mark Williams, kepala ekonom Asia di Capital Economics.

Xing ANZ mengharapkan pemotongan RRR lainnya pada awal 2022 di tengah meningkatnya risiko kredit sektor properti.

Kepala ekonom di Founder Securities Yan Se mengatakan bank sentral China menurunkan suku bunga dengan margin yang lebih kecil daripada rekan-rekan global selama puncak pandemi tahun lalu, memberikan ruang untuk pelonggaran tambahan sekarang.

Dia mengharapkan Beijing untuk menurunkan suku bunga fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) bank sentral sebesar 10 bps pada kuartal pertama 2022, diikuti oleh lebih banyak pengurangan LPR.

Namun, Li Wei, ekonom senior untuk China di Standard Chartered, memperkirakan tidak ada pemotongan RRR berbasis luas atau penurunan suku bunga kebijakan pada tahun 2022.

"Kami mempertahankan seruan kami untuk tidak mengubah tingkat repo tujuh hari dan tingkat MLF satu tahun pada 2022, karena bank sentral utama diperkirakan akan memperketat kebijakan moneter dan CPI China akan cenderung lebih tinggi pada passthrough PPI dan meningkatnya inflasi daging babi, " kata Li.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement