Selasa 21 Dec 2021 08:58 WIB

Sejarah Hari Ini: Gangnam Style Capai 1 Miliar Tayang di Youtube

Gangnam Style menjadi pengantar K-pop di seluruh dunia.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Psy dengan Gangnam Style-nya.
Foto: popdust.com
Psy dengan Gangnam Style-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Tepat 21 Desember 2012 silam, video musik Gangnam Style oleh rapper Korea Selatan, Psy, menjadi video YouTube pertama yang mendapatkan satu miliar penayangan. Popularitas global video ini adalah studi kasus dalam kekuatan dan ketidakpastian konten viral di internet kala itu.

Pada akhir Agustus 2012, satu bulan setelah rilis, Gangnam Style mengumpulkan lebih dari 3 juta tampilan YouTube sehari. Kemudian sampai pada 21 Desember mencapai 1 miliar tampilan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah YouTube.

Baca Juga

Psy telah terkenal di Korea Selatan selama satu dekade. Dia kemudian mendapatkan penghargaan dan pengakuan serta reputasi untuk tonggak sejarahnya ini. Meskipun musik pop Korea, atau K-pop, semakin populer di luar Korea Selatan, Psy tadinya bukanlah bintang internasional sampai hadirnya Gangnam Style.

Seperti dilansir laman History, Selasa (21/12) Gangnam Style dirilis pada 15 Juli 2012 sebagai single utama untuk album Psy 6 (Six Rules), Bagian 1. Keseluruhan isi Gangnam Style memuat sebuah tarian kuda yang menampilkan Psy dan para penari latarnya menggerakan seolah-olah mereka sedang menunggang kuda dan sesekali melemparkan laso, di berbagai lokasi termasuk kandang kuda, bus, lapangan tenis, dan tempat-tempat lain di sekitar Seoul. Meskipun liriknya lucu, Gangnam Style adalah video yang membuat lagu tersebut menjadi sensasi di luar Korea.

Lantunan kompak yang tak terlupakan dari penggalan lirik "Hei wanita seksi!" dan penampilah Psy yang berlebihan memang menarik perhatian penonton global. Artis besar seperti T-Pain, Britney Spears dan Katy Perry pun memuji musik video Gangnam Style di media sosial.

Seperti video viral lainnya, Gangnam Style menginspirasi banyak parodi, video reaksi, dan flash mob. Atlet, tokoh televisi, dan bahkan politisi AS seperti Perwakilan John Lewis merekam video dirinya melakukan tarian Gangnam Style.

Perdana Menteri Inggris saat itu David Cameron dilaporkan menampilkannya bersama dengan calon PM Boris Johnson di sebuah konferensi bergabung dalam kegemaran viral. Meskipun bukan lagi video yang paling banyak ditonton di YouTube, Gangnam Style adalah fenomena budaya yang tak terhindarkan. Psy dengan Gangnam Style-nya menjadi pengantar K-pop bagi jutaan orang di seluruh dunia dan sebagai contoh abadi viralitas internet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement