Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Jenderal Andika Mutasi Pangdam Pattimura dan Merdeka

Selasa 21 Dec 2021 05:55 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Foto: Dok Dispenad
Posisi Irjenad, Gubernur Akmil, hingga Kasdam Cenderawasih juga diganti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa mengganti dua Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam). Mereka yang diganti adalah Pangdam XVI/Pattimura dan XIII/Merdeka.

"Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1128/XII/2021 tentang Pemberhentian dari dan Penangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI memutuskan tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang namanya tersebut pada lampiran keputusan ini dari jabatan lama dan jabatan baru," demikian salinan mutasi yang didapat Republika di Jakarta, Selasa (21/12).

Baca Juga

Pangdam Pattimura Mayor Jenderal (Mayjen) Bambang Ismawan digantikan Mayjen Richard Horja Taruli Tampubolon yang sebelumnya menjabat Komandan Komando Pasukan Khusus (Dankoopsus) TNI. Kemudian, Dankoopsus TNI diduduki Brigjen Joko Purwo Putranto, yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) Iskandar Muda.

Adapun Bambang dipromosikan menjadi Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI menggantikan Letjen Madsuni yang memasuki usia pensiun. Otomatis pangkat Bambang akan naik menjadi Letnan Jenderal (Letjen).

Posisi Pangdam Merdeka diisi oleh Mayjen Alfred Denny Tuejeh yang sebelumnya menjabat Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Wadan Pusterad). Denny menggantikan Mayjen Wanti Waranei Franky Mamahit yang memasuki masa purnatugas.

Selain itu, jabatan Gubernur Akademi Militer (Akmil) juga diganti dari Mayjen Candra Wijaya diserahkan kepada Brigadir Jenderal (Brigjen) WR Jatmiko. Legowo yang sebelumnya menjabat Komandan Korem (Danrem) 161/Wira Sakti akan mendapat kenaikan satu bintang atau berpangkat Mayjen. Adapun Candra bakal menempati posisi baru sebagai Asisten Perencanan (Asrena) KSAD.

Sementara itu, posisi Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) juga ikut diganti. Letjen Benny Susianto akan pensiun dan posisinya digantikan Letjen R Wisnoe Prasetja Boedi. Jabatan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD yang ditinggalkan Wisnoe diserahkan kepada Mayjen Afini Boer, yang sebelumnya mejabat Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik Badan Intelijen Negara (BIN).

Berikutnya, Brigjen Bambang Trisnohadi yang menjabat Kasdam XVII/Cenderawasih digeser menjadi Inspektur Pusterad. Posisi yang ditinggalkan akan dihuni Brigjen R Sidharta Wisnu Graha, yang menjabat Danrem 051/Wijayakarta. Kolonel Yustinus Nono Yulianto akhirnya dipromosikan ke jabatan bintang satu untuk menggantikan Sidharta sebagai Danrem yang bermarkas di Jakarta Timur tersebut.

Danrem 143/Haluoleo Brigjen Jannie Aldrin Siahaan digeser menjadi Widyaswara Bidang Strategi dan Kawasan Seskoad. Posisi yang ditinggalkannya akan digantikan oleh Brigjen Yusfti Senjaya yang sekarang menjabat Wakil Asisten Personel KSAD.

Total ada 80 perwira tinggi (pati) TNI yang dimutasi Andika berdasarkan sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi Wanjakti (Wanjakti) pada 7 September 2021. Sebayak 79 pati TNI AD, dan satu pati TNI AU atas nama  Marsma Hari Pramono dari Staf Khusus Panglima TNI dimutasi menjadi pati Mabes TNI karena memasuki usia pensiun.

Baca juga : Bupati Pun Bingung Banyak ASN Gugat Cerai Suami

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA