Senin 20 Dec 2021 19:40 WIB

Jelang Muktamar NU, Panitia Sterilkan Area dari Covid-19

Peserta Muktamar wajib steril dari Covid-19, panitia menyiapkan vaksinasi di lokasi

Rep: mursalin yasland/ Red: Hiru Muhammad
1.500 anggota Banser Nahdlatul Ulama (NU) siap amankan pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di Lampung, 22-24 Desember 2021.
Foto: Republika/Mursalin Yasland
1.500 anggota Banser Nahdlatul Ulama (NU) siap amankan pelaksanaan Muktamar ke-34 NU di Lampung, 22-24 Desember 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Area pelaksanaan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di empat titik yang berjauhan tetap steril dari kasus Covid-19. Panitia melakukan pengetatan kepada peserta yang telah datang lebih dulu untuk memeriksakan kesehatannya di posko kesehatan di Universitas Lampung (Unila).

Jubir Panitia Daerah Muktamar NU di Universitas Lampung Nanang Trenggono mengatakan, Unila menjadi tempat pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan pendaftaran secara online bagi peserta muktamar yang telah datang. Panitia meminta peserta dapat mengikuti aturan dalam aplikasi Pedulilindungi.

Baca Juga

“Pelaksanaan ini masih dalam pandemi Covid-19. Jadi, semua peserta harus steril dari Covid-19. Bagi yang belum vaksin bisa mendapatkan vaksin di lokasi. Protokol kesehatan ketat tetap diutamakan,” kata Nanang Trenggono dalam konferensi pers di Unila, Senin (20/12)

Ia mengatakan, bagi peserta dari luar Lampung yang terdeteksi positif Covid-19, pihak Unila telah menyiapkan Rumah Sakit Pendidikan di kampus tersebut. Bila kondisinya parah, ujar dia, panitia merujuk ke RSUD Abdul Moeloek Lampung.

 

Sedangkan suasana di arena pembukaan Muktamar ke-34 NU di Ponpok Pesantren Darussa’adah, Gunungsugih, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, saat ini sudah tidak dapat lagi dimasuki sembarang orang. Panitia pusat dan daerah sudah mengetatkan area pembukaan yang akan dilaukan Presiden Joko Widodo dan dihadiri juga Wapres Ma’ruf Amin.

“Saya dari arena pembukaan Pondok Darussa’adah, sudah tidak boleh lagi dimasuki orang kecuali panitia. Semua makanan dan barang yang berada di lokasi sudah steril,” kata Koordinator Humas dan Media Muktambar NU Aria di Bandar Lampung, Senin (20/12).

Menurut dia, peserta muktamar hanya diperbolehkan menyaksikan langsung pembukaan oleh Presiden Jokowi di Ponpes Darussa’adah sebanyak 600 orang saja. Selebihnya, ujar dia, peserta dapat menyaksikan secara daring di tiga tempat di Kota Bandar Lampung yakni Kampus UIN Raden Intan II, Kampus Unila, dan Kampus Universitas Malahayati.

Budi Sutomo, penanggung jawab kegiatan muktamar di Unila, pihaknya sudah menyiapka nonton bareng pembukaan muktamar melalui layar lebar di aula Fakultas Pertanian Unila. “Semua peserta yang berada di Unila dapat menyaksikan lewat aplikasi zoom dengan layar lebar,” ujarnya.

Dia mengatakan, Unila juga telah menyiapkan tempat akomodasi yakni Wisma Unila bagi peserta muktamar dari luar Provinsi Lampung. Saat ini, belum banyak yang datang, dan diperkirakan sehari menjelang pembukaan peserta dari luar Lampung khususnya di Jawa dan Indonesia bagian Timur berdatangan.

Panitia muktamar telah menyiapkan posko kesehatan secara ketat bagi muktamirin yang baru tiba dari tempat asalnya di lokasi muktamar Gedung Serba Guna. Peserta dengan protokol kesehatan mengikuti aturan yang telah ditetapkan, agar tidak terjadi kerumunan orang, dan juga menimbulkan kasus yang tidak diinginkan. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement