Senin 20 Dec 2021 19:20 WIB

Presiden dan Wapres Hadir Bersama di Muktamar NU Lampung  

Kehadiran presiden dan wapres di muktamar NU membuat pengamanan tambah ketat.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil
Presiden dan Wapres Hadir Bersama di Muktamar NU Lampung. Foto: Peserta Muktamar ke-34  Nahdlatul Ulama mulai memeriksakan kesehatan dengan aplikasi Pedulilindungi di area muktamar Kampus Universitas Lampung, Senin (20/12).
Foto: Republika/Mursalin Yasland
Presiden dan Wapres Hadir Bersama di Muktamar NU Lampung. Foto: Peserta Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama mulai memeriksakan kesehatan dengan aplikasi Pedulilindungi di area muktamar Kampus Universitas Lampung, Senin (20/12).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG -- Tidak seperti biasanya, agenda Presiden Joko Widodo akan membuka perhelatan Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussa’adah, Gunungsugih, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, dan dihadiri langsung Wapres Ma’ruf Amin, Rabu (22/12). Kehadiran dua petinggi negara ini membuat pengamanan super ketat di arena pembukaan muktamar.

 Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU Prof Moh Mukri mengatakan, kehadiran Presiden Jokowi untuk membuka muktamar di Ponpes Darussa’adah sudah final berdasarkan info dari istana kepresidenan. “Sedangkan Wapres Ma’ruf Amin akan datang lebih dulu, karena beliau juga sesepuh NU,” kata Moh Mukri kepada Republika, Senin (20/12).

Baca Juga

Ia mengatakan, berdasarkan agendanya Wapres Ma’ruf Amin, akan lebih dulu tiba di Lampung, sedangkan Presiden Jokowi akan datang pada hari pembukaan muktamar Rabu (22/12) pagi. “Jadi ada dua kepala negara dan wakil kepala negara pada muktamar di NU ini,” ujarnya.

Moh Mukri, yang juga ketua umum PWNU Provinsi Lampung mengatakan, berdasarkan agenda Wapres Ma’ruf Amin akan menutup pelaksanaan muktamar NU pada Kamis (23/12) malam, setelah agenda sidang pemilihan ketua umum PBNU.

Hal sama dikatakan Koordinator Media Muktamar NU Aria selepas dari meninjau arena Ponpes Darussa’adah, Lampung Tengah, persiapan pembukaan muktamar sudah final. Kalau persiapan, ujar dia, sudah 99 persen. “Jarang terjadi apalagi pada muktamar, ada dua petinggi negara presiden dan wapres ada bersamaan,” kata Aria.

Kedatangan kedua kepala negara dan wakilnya di Lampung ini, membuat pengamanan semakin ketat dan berlapis, terutama di area pembukaan muktamar pada Ponpes Darussa’adah, Kecamatan Gunungsugih, Kabupaten Lampung Tengah.

Koordinator Humas Muktamar NU Juwendra Asdiansyah mengatakan, penutupan akan dilakukan Wapres Ma’ruf Amin pada Kamis malam atau Jumat pagi. “Bila tidak memungkinkan waktunya, akan ditutup pada Jumat pagi lalu dilanjutkan peresmian Masjid Safinatul Ulum dalam kampus UIN Raden Intan,” kata Juwendra.

Ia mengatakan, peresmian masjid tersebut terkait karena Ketua Panitia Daerah Muktamar NU Prof Moh Mukri juga sebagai ketua umum PWNU Lampung, dan juga rektor UIN Raden Intan Lampung, tempat arena Muktamar NU. Rencananya, kata dia, Wapres Ma’ruf Amin akan bermalam di Lampung sampai acara muktamar selesai. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement