Friday, 26 Syawwal 1443 / 27 May 2022

Populi: Erick Thohir dan Puan Konsisten Masuk Lima Besar Capres

Senin 20 Dec 2021 18:17 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar / Red: Nashih Nashrullah

Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, kerap muncul dalam berbagai survei capres cawapres

Nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, kerap muncul dalam berbagai survei capres cawapres

Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Nama Erick Thohir kerap muncul dalam berbagai survei capres cawapres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Survei Populi Center masih menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan dukungan tertinggi, sebesar 58,3 persen. Posisi selanjutnya ditempati oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (47,3 persen) dan Ketua Umum partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (46,6 persen). 

"Walaupun Ganjar Pranowo itu muncul sebagai figur yang mendapatkan dukungannya paling kuat, jadi ini hanya sebagai potensi dukungan, jadi ini bukan elektabilitas," ujar peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah di kawasan Mampang, Jakarta, Senin (20/12).

Baca Juga

Di posisi keempat, ada nama Menteri BUMN Erick Thohir yang mendapatkan dukungan sebesar 27,5 persen. Terakhir, yakni Ketua DPR yang juga politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani, sebesar 17,5 persen.

"Mengapa hanya lima ini saja? Jadi tiga nama teratas itu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo subianto itu adalah nama yang dianggap populer. Dan Erick Thohir itu adalah nama yang akhir-akhir ini mulai muncul, sedangkan Puan Maharani itu adalah nama yang diperkirakan untuk 2024 itu adalah sebagai elite partai yang akan diusung," ujar Nurul. 

Populi Center melakukan survei pada 1 hingga 9 Desember 2021, dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021. 

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana atau simple random sampling dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. Pengacakan responden dilakukan pada tingkat provinsi. 

Adapun margin of error pada survei ini sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal.    

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA